Connect with us

Headline

5 Fakta Menarik di Balik Duel Kamaru Usman Lawan Jorge Masvidal : e-Kompas.ID Sports


FLORIDA – Gelaran laga utama atau main event UFC 261 yang mempertemukan Kamaru Usman dengan Jorge Masvidal telah rampung pada Minggu (25/4/2021) pagi WIB. Pertarungan yang dihelat di VyStar Veterans Memorial Arena Jacksonville, Amerika Serikat ini berhasil dimenangkan The Nigerian Nightmare dengan Knocked Out (KO) pada ronde kedua.

Laga ini merupakan rematch antara kedua petarung semenjak Juli 2020 yang telah dimenangkan Usman dengan skor skor 50-45, 50-45, dan 49-46. Meski begitu, berbeda dengan laga sebelumnya, kali ini Usman mampu menuntaskan perlawanan hanya dengan 1 menit 2 detik di ronde kedua.

Dengan hasil ini, Usman kembali mampu mempertahankan gelar juara kelas welter yang telah ia rebut sejak 2 Maret 2019 melawan Tyron Woodley. Semenjak itu, sebanyak 18 kemenangan dan hanya 1 kali kalah dialami Usman, dengan ini berarti ia mencatatkan kemenangannya yang ke-19.

Tak hanya itu, berikut merupakan rangkuman fakta-fakta yang terjadi seusai kemenangan Kamaru Usman pada UFC 261 kali ini dilansir pada akun resmi UFC:

Berikut lima fakta menarik dari duel Kamaru melawan Masvidal:

1. Usman Kalahkan Rekor Kemenangan Beruntun Khabib Nurmagomedov

Kamaru Usman vs Jorge Masvidal

Dengan hasil ini Usman mencatatkan 14 kemenangan beruntun di ajang UFC melampaui beberapa pesaing termasuk petarung kelas ringan, Khabib Nurmagomedov. Beberapa petarung bersama Khabib seperti Max Holloway, Demetrious Johnson, Jon Jones, dan Georges St-Pierre menang beruntun sebanyak 13 kali.

Catatan Usman hanya tertinggal dengan pencatat kemenangan beruntun terbanyak dalam sejarah UFC yakni Anderson Silva. Silva mencatatkan 16 kemenangan beruntun di era 2006an

2. Statistik Pertahanan Anti-takedown Usman Masih 100%

Kamaru Usman vs Jorge Masvidal

Pada laga sebelumnya di UFC 251, Masvidal tak berupaya sedikit pun untuk membuat Usman Takedown disinyalir persiapannya yang terlalu mepet. Kali ini, persiapan Masvidal sebenarnya jauh lebih longgar ketimbang saat itu sehingga bisa saja melakukan takedown kepada Usman.

Namun kenyataan berbicara lain, jangankan membuat takedown, Masvidal tak diberi kesempatan menggoyahkan kuda-kuda Usman meski hanya satu ronde pun. Dengan hasil ini, statistik pertahanan Usman yang anti takedown oleh lawan masih 100%.

3. Usman Belum Pernah Kalah sejak 2013

Kamaru Usman vs Jorge Masvidal

Dengan hasil ini, Usman berhasil mempertahankan rekor tak terkalahkannya sejak 2013. Usman terakhir kalah oleh petarung asal Amerika Jose Caceres pada CFA 11, 24 Mei 2013 silam.

Setelah itu, Usman selalu memenangkan laga sebanyak 14 kali beruntun hingga saat ini. Secara keseluruhan , statistik yang diperoleh Usman sejauh ini ialah 19-1.

4. Usman Naik ke peringkat 2 Pound for Pound UFC

Kamaru Usman vs Jorge Masvidal

Dengan kemenangan ini, Usman mengukuhkan dirinya berada di pemuncak ranking kelas welter UFC. Tak hanya itu, Usman pun merangsek ke papan atas ranking pound-for-pound (antar divisi kelas).

Dia merangsek ke peringkat nomor 2 pada daftar pound-for-pound UFC setelah sebelumnya di posisi 4. Ia menggeser posisi Alexander Volkanovski dan Israel Adesanya dan hanya terpaut satu peringkat dari Jon “Bones” Jones.

5. Usman Berpotensi jadi Petarung UFC Terbaik Sepanjang masa

Kamaru Usman vs Jorge Masvidal

Rentetan hasil gemilang Usman membawanya kembali mempertahankan gelar juara kelas welter untuk kelima kalinya. Torehan ini pun memunculkan reaksi dari Presiden UFC Dana White. Menurutnya, saat ini Usman dapat dipercaya menjadi petarung terbaik di dunia dan siap mempertahankannya sepanjang masa.

“Saya pikir kita semua bisa setuju tidak peduli bagaimana perasaan Anda – pria itu dicemooh di sana malam ini – dia salah satu yang terbaik dan dia sedang dalam perjalanan untuk menjadi yang terhebat sepanjang masa,” kata White dalam akun Twitternya, Minggu (25/4/2021).

Usman hanya berada satu peringkat di bawah mantan juara kelas berat ringan yang naik ke kelas berat Jon “Bones” Jones dengan torehan 24-1. Jones pun telah pensiun pada 2020 lalu, berarti kesempatan Usman menyalipnya masih terbuka lebar.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *