Connect with us

Headline

BPBD Pastikan Gempa Meulaboh Aceh Tak Timbulkan Kerusakan : e-Kompas.ID News



MEULABOH – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat menegaskan hingga Sabtu malam (12/6/2021), pihaknya tidak menemukan adanya kerusakan pascagempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,9 yang mengguncang Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat pada Sabtu dini hari sekira pukul 02.13 WIB.

“Hingga Sabtu malam, berdasarkan hasil pemantauan, kami tidak menemukan adanya laporan kerusakan akibat gempa bumi di Aceh Barat,” kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Barat Mashuri di Meulaboh, Sabtu malam.

Baca Juga:  BMKG: Gempabumi Magnitudo 4,9 di Pasaman Sumbar Akibat Sesar Sumatera Segmen Sianok

Menurutnya, berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa yang melanda Meulaboh tersebut berada di laut dengan jarak sekitar 38 kilometer barat daya Meulaboh.

Koordinat gempa tercatat di 3,92 Lintang Utara dan 95,86 Bujur Timur dan berada dekat dengan daratan Aceh. Mashuri mengakui, pascagempa yang terjadi pada Sabtu dini hari, menyebabkan sebagian besar masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat panik.

Namun, kepanikan tersebut mereda setelah masyarakat mendapatkan imbauan dari BMKG dan mengetahui skala gempa yang terjadi. “Jadi yang membuat masyarakat panik karena gempanya terjadi pada malam hari, saat warga sedang terlelap tidur,” kata Mashuri.

Baca Juga:  Gempa M5,0 Guncang Kepulauan Talaud, Tak Berpotensi Tsunami

BPBD Aceh Barat mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik saat terjadinya gempa bumi, dan diimbau agar berlindung di tempat yang lebih aman seperti keluar dari rumah dan menghindari bangunan atau pohon yang berpotensi tumbang.

Namun, bagi masyarakat yang berada di dalam rumah, disarankan agar tetap berlindung di bawah meja atau keluar dari rumah tanpa perlu panik, tuturnya.

(Ari)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *