Luar Biasa, Steak Iga Ini Dibuat dengan Teknologi 3D : e-Kompas.ID Lifestyle - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Luar Biasa, Steak Iga Ini Dibuat dengan Teknologi 3D : e-Kompas.ID Lifestyle


PERNAHKAH Anda membayangkan hidangan steak iga 3D alias tiga dimensi? Ya, berkat kecanggihan teknologi zaman sekarang memungkingkan dibuatnya hidangan steak iga dengan teknologi 3D.

Mengutip dari laman Fox News, Aleph Farm bersama Technion-Israel Institute of Technology memperkenalkan steak iga 3D yang mereka buat tersebut. Ini diklaim sebagai steak tanpa proses penyembelihan pertama di dunia.

Baca juga: Terlalu Banyak Konsumsi Daging Merah Bakar Picu Kanker Kolorektal 

Dalam siaran pers yang dirilis perusahaan makanan tersebut, disebutkan steak iga ini diproduksi dengan menggunakan teknologi bioprinting 3D dan lapisan kulit sapi sebenarnya. Dari sini, para ilmuwan lalu menginkubasi sel-sel untuk tumbuh berkembang, berinteraksi, hingga benar-benar bisa mereplika tulang rusuk yang sebenarnya.

Ilustrasi steak. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

Dengan otot dan lemak mirip daging steak yang disembelih secara tradisional, makanan futuristik ini menampilkan atribut organoleptik yang sama dari steak iga empuk dan berair yang biasa dibeli dari penjual daging. Aleph Farms menyatakan melalui metode ini mereka bisa memproduksi potongan daging apa pun.

Shulamit Levenberg, professor di Technion sekaligus salah satu pendiri Aleph Farms, menyebut dengan pencapaian yang mendobrak batas ini mereka berhadap bisa menyuguhkan alternatif baru untuk varietas daging.

Baca juga: Resep Wagyu Steak Mushroom Sauce, Bisa untuk Hidangan Malam Tahun Baru! 

“Dengan pencapaian ini, kami telah mendobrak batasan untuk memperkenalkan tingkat varietas baru ke dalam budidaya potongan daging yang sekarang dapat kami produksi. Masa depan bioprinting 3D, peluangnya tidak terbatas,” kata Shulamit Levenberg.

Mengenai peluncuran ke publik, Co-Founder dan CEO Aleph Farms Didier Toubia menyebutkan rencananya melakukan soft launch daging steak 3D ini pada 2022. Namun untuk harganya sendiri sejauh ini masih belum ditentukan.

(han)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *