Pariwisata Bangkit, Menko Airlangga: Perekonomian Indonesia Bisa Tumbuh Positif : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Pariwisata Bangkit, Menko Airlangga: Perekonomian Indonesia Bisa Tumbuh Positif : e-Kompas.ID Economy



JAKARTA – Pemerintah menyiapkan berbagai program untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam skema Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pariwisata adalah sektor yang paling terkena dampak dan pulih paling akhir karena virus corona. Oleh karena itu, pada kuartal pertama tahun ini, harus ada perbaikan sehingga bisa mendorong dan menunjang perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Bertemu Menko Airlangga, Sandiaga Uno Bahas Dana Hibah Pariwisata

“Perekonomian Indonesia ditargetkan bisa tumbuh positif di tahun ini, dan kita upayakan di kuartal pertama juga bisa tumbuh positif dan sektor pariwisata bisa mendongkrak ke atas,” kata Airlangga di Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Sementara Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Fadjar Hutomo, mengatakan, saat ini Kemenparekraf/Baparekraf tengah memperkuat data sasaran industri juga pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: All Out, Begini Jurus Trenggono-Sandiaga Kembangkan Wisata Bahari RI

“Kita upayakan semaksimal mungkin, karena pada akhirnya akuntabilitasnya juga harus dijaga. Kita sudah mendapatkan model (Hibah Pariwisata) di tahun 2020 kemarin yang bisa direplikasi kembali untuk hotel dan restoran juga untuk memperluas jangkauan,” kata Fadjar Hutomo.

Saat ini, program stimulus pinjaman lunak sebesar Rp 9 triliun yang sebelumnya diajukan Pemprov Bali kepada pemerintah pusat, disebutkan bahwa sudah ada mekanisme penyaluran yang akan dilakukan melalui PT SMI, salah satu SMV di bawah Kementerian Keuangan yang bergerak di bidang pembiayaan dan penyiapan proyek infrastruktur.

“Mekanisme penyaluran yang tersedia adalah melalui PT SMI,” tandasnya



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *