Punya Diabetes seperti Dorce Gamalama Rentan Alami Hipoglikemia? : e-Kompas.ID Tren - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Punya Diabetes seperti Dorce Gamalama Rentan Alami Hipoglikemia? : e-Kompas.ID Tren


DORCE Gamalama masih dirawat di Primaya Hospital Bekasi Barat, Jawa Barat. Sempat tak sadarkan diri pada Jumat (8/10), ternyata penyakit yang dialami Dorce Gamalama adalah hipoglikemia.

Punya riwayat diabetes, itu yang membuat kesehatannya memburuk hingga alami hipoglikemia. Meski begitu, kesehatan Dorce Gamalama dikabarkan terus membaik hingga sekarang.

Dorce Gamalama

Di sisi lain, Dokter Spesialis Saraf Primaya Hospital Bekasi Barat, dr Fakhrunnisa, Sp.S, dokter yang merawat Dorce Gamalama, coba menerangkan mengapa seseorang mengalami hipoglikemia. Sebelumnya, hipoglikemia sendiri adalah istilah medis yang mengacu pada kondisi ketika kadar gula atau glukosa dalam darah terlalu rendah.

“Glukosa adalah sumber energi utama untuk otak dan tubuh. Kisaran normal kadar glukosa darah itu 70-140 miligram per desiliter (mg/dL). Kadar pada setiap orang berbeda berdasarkan makanan terakhir dan hal-hal lain, termasuk obat-obatan yang diminum,” terangnya dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Senin (11/10/2021).

“Jika kadar gula darah turun terlalu rendah, diperlukan perawatan segera untuk menghindari risiko seperti kejang, pingsan, hingga kerusakan otak,” tambah dr Fakhrunnisa.

Baca Juga : Tips Mencegah Hipoglikemia, Penyakit yang Menyerang Dorce Gamalama

Glukosa berperan menyediakan energi yang dibutuhkan untuk kinerja tubuh sehari-hari. Organ yang paling memerlukan glukosa adalah otak. Nah, otak manusia penuh dengan neuron yang terus memanfaatkan glukosa untuk menjalankan fungsi seperti berpikir, belajar, dan mengingat sesuatu.

Ketika otak tidak mendapatkan cukup glukosa, kata dr Fakhrunnisa, neuron tidak memiliki bahan bakar yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan seluruh tubuh dan tak dapat melakukan tugasnya dengan baik. Ini juga yang akhirnya menyebabkan salah satunya kondisi tidak sadarkan diri seperti yang dialami Bunda Dorce.

Baca Juga : Mengenal Hipoglikemia, Penyakit yang Diderita Dorce Gamalama

Lantas, apakah orang dengan diabetes seperti Dorce Gamalama memang berisiko tinggi mengalami hipoglikemia?

Diterangkan dr Fakhrunnisa, sejatinya semua orang bisa mengalami hipoglikemia, asal dia punya faktor risiko. Namun, mereka yang memiliki riwayat diabetes memang yang cukup tinggi risikonya mengalami hipoglikemia.

“Misalnya seseorang yang berpuasa atau telat makan sehingga asupan karbohidratnya kurang, atau seseorang yang memforsir tenaganya dalam suatu aktivitas. Tapi yang paling sering mengalami hipoglikemia adalah para pengidap diabetes karena faktor penggunaan insulin dan obat yang tidak sesuai dengan dosis,” paparnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *