Rencana Liburan ke Jogja? Yuk, Intip 4 Wisata yang Lagi Hits di Jogja : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Rencana Liburan ke Jogja? Yuk, Intip 4 Wisata yang Lagi Hits di Jogja : e-Kompas.ID Travel


MUDIK saat Lebaran atau hari raya Idulfitri sudah membudaya di Indonesia. Rasanya kurang lengkap jika Lebaran tidak pulang kembali ke kampung halaman.

Serunya, ketika mudik dari Jakarta ke daerah-daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Anda bisa singgah sejenak ke kota-kota tertentu dan meluangkan waktu untuk berwisata di sana. Sambil menentukan daerah mana yang akan Anda singgahi, intip dulu rekomendasi destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif yang ada #DiIndonesiaAja dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia. Anda pun bisa mengikuti Pesona Punya Kuis (PUKIS) yang diadakan setiap bulannya, Anda bisa mendapatkan hadiah merchandise dan uang tunai jutaan rupiah.

Momen mudik tahun ini, jangan lupa untuk mengunggah tempat-tempat seru yang masih tersembunyi dan belum tersentuh di daerah Anda. Bisa berupa tempat wisata, budaya, bahkan kuliner yang patut untuk dicoba. Mudik sambil dapat hadiah bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti sayembara Akamsi yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Caranya pun mudah, untuk detailnya bisa klik di sini!

Jika mudik kali ini Anda berencana singgah ke Yogyakarta yang terkenal dengan julukan daerah istimewa karena di sana sarat akan budaya,sejarah dan wisata alam. Membahas soal wisata Jogja, tentunya sangat banyak. Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ada banyak tempat wisata alam yang cantik dan menarik mulai dari pantai dan pegunungan.

Jogja juga menjadi pusat kebudayaan jawa dan wisata kuliner yang khas dan lezat, sehingga Anda ingin kembali terus ke kota ini. Berikut ini kami rangkum beberapa destinasi yang sedang hits di Yogyakarta. Selain naik daun, sejumlah objek wisata ini juga telah bersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability) dari Kemenparekraf.

 

(Foto : Instagram @obelixhills)

1. Obelix Hills

Obelix Hills terletak di kabupaten Sleman, dan berada di atas bukit batu purba dengan luas 8 hektare. Obelix Hills bisa menjadi pilihan destinasi ketika Anda mengunjungi Candi Prambanan. Karena lokasinya cukup dekat dengan candi Hindu ini.

Sesuai arti namanya yang berarti Bukit Obelix, untuk mencapainya perlu melintasi jalan menanjak dan persiapkan energi untuk sampai ke atas bukit. Begitu tiba di lokasi, Anda akan menyadari alasan Obelix Hills begitu populer.

Saat siang atau sore hari, Anda akan dimanjakan pemandangan kawasan persawahan menghijau dari kejauhan. Angin bertiup segar dengan sinar matahari hangat khas Jogja. Pada senja atau malam hari, pemandangan kelip lampu di kejauhan tampak indah. Selain pemandangannya yang indah, Obelix Hills juga memiliki restoran dengan beragam kuliner lezat.

2. Heha

 

Foto : Instagram @hehaskyview

Kawasan wisata Heha ini ada di 2 lokasi. Pertama, di kawasan perbukitan daerah Pathuk, Gunung Kidul, yaitu Heha Sky View. Kedua, di tebing pantai daerah Panggang, Gunung Kidul, yaitu Heha Ocean View. Pemandangan yang ditawarkan keduanya berbeda.

Heha Sky View mempunyai pemandangan daerah Jogja dari ketinggian perbukitan. Hamparan hijau sawah, jalur jalan, hingga pemandangan kota dari kejauhan bisa Anda nikmati di Heha Sky View. Udara yang ditawarkan di sini juga cukup sejuk dan segar asalkan Anda berkunjung saat sore hari.

Sementara itu, Heha Ocean View, sesuai namanya, berlokasi di tepian samudera. Tebing kapur khas Gunung Kidul yang biasanya dikenal gersang beralih rupa menjadi tempat yang penuh spot instagrammable. Namun, Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk berfoto di tiap spot di Heha Ocean View. Menariknya, Anda bisa bersantap di restoran dalam kawasan Heha Ocean View yang menghadap ke Samudera Indonesia ini.

3. Tebing Breksi

 

(Foto : Instagram @elamarpaung24)

Pesona Tebing Breksi ini sungguh mengesankan. Berkat tangan-tangan terampil para seniman pemahat, tebing kapur yang menjulang tinggi tampak semakin elok dengan ukiran-ukiran yang menawan.

Awal mula Tebing Breksi adalah lokasi penambangan kapur yang menjadi bahan baku semen pada tahun 1980-an. Namun, ketika belakangan diketahui kandungan abu vulkanik yang cukup tinggi, kawasan tambang tersebut beralih fungsi. Dengan sentuhan pahatan seni, Tebing Breksi pun dibuka sebagai salah satu destinasi wisata di Desa Sambirejo, Sleman, DIY.

4. Puncak Segoro

 

(Foto : Instagram @badrusshofa)

Puncak Segara atau sering dibaca Puncak Segoro yang bermakna Puncak Samudera ini juga banyak diminati wisatawan karena pemandangannya yang indah. Berlokasi di kawasan Panggang, Gunung Kidul, Puncak Segoro menawarkan pemandangan lepas ke Samudera Indonesia dari ketinggian.

Banyak pengunjung memburu Puncak Segoro untuk mendapatkan pemandangan matahari terbenam terbaik. Untuk menghindari sengatan panas terik dan untuk mendapatkan pemandangan terindah, Anda memang lebih baik mengunjungi kawasan ini saat senja.

Terdapat sejumlah spot instagramable di Puncak Segoro. Namun, untuk berfoto di sejumlah titik, Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang. Selain menikmati keindahan alam, Anda bisa bersantai di pusat kuliner yang menawarkan jajanan khas tradisional Jawa.

Sebetulnya, masih banyak wisata populer lain di Jogja. Jika waktu persinggahan Anda masih panjang sebelum melanjutkan road trip ke kota-kota lainnya, Anda bisa mengunjungi sejumlah situs sejarah yang belum banyak diungkap. Misalnya, Candi Ratu Boko yang memiliki pemandangan dramatis saat senja atau Candi Tikus yang belum begitu banyak dikenal orang. Sempatkanlah pula membeli buah tangan atau suvenir khas Yogyakarta sebagai kenang-kenangan.

“Mudik kali ini setelah dua tahun tidak terlaksana akibat pandemi, tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik dengan beberapa persyaratan. Dan kami sudah menghitung (mudik) akan berdampak antara 20 sampai 25 persen terhadap ekonomi lokal,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Pemerintah sendiri memperkirakan perputaran ekonomi saat momen libur Lebaran tahun 2022 akan mencapai Rp72 triliun. Angka tersebut diperkirakan bisa lebih tinggi mengingat durasi libur dan cuti bersama pada momen libur Lebaran tahun ini cukup panjang. Di sisi lain ia mengingatkan agar pelaku ekonomi kreatif tidak memanfaatkan momen libur Lebaran 2022 secara berlebihan dengan menaikkan harga jual produk.

“Menaikkan harga itu pantas, tapi harus yang wajar. Karena kalau ‘getok harga’ orang akan kapok. Belajar dari pengalaman para usahawan yang sukses, mereka lebih baik untungnya lebih sedikit tapi memanjang. Kalau untungnya besar tapi hanya di satu kali Lebaran, mereka akan dirugikan. Itu pesan saya kepada pelaku usaha dan UMKM di daerah,” kata Sandiaga dikutip dalam siaran pers pada (20/04/2022).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pun memberikan apreasiasi khusus pada wisata Jogja. Beberapa kali, Menparekraf Sandiaga menyempatkan diri mengunjungi dan memberikan dukungan pada desa-desa wisata di Yogyakarta. Karena perkembangan wisata, hasta karya pengrajin, hingga kreativitas dalam mengembangkan destinasi wisatanya, Sandiaga pun menyematkan Yogyakarta sebagai City of Creative.

Predikat ini, tentunya akan semakin memotivasi Yogyakarta untuk lebih mengembangkan destinasi wisatanya. Jadi, kapan rencana Anda untuk singgah saat road trip di Yogyakarta? Jangan lupa, terapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan hindari berkerumun saat berwisata demi keamanan dan kesehatan bersama. (CM)


(Wid)





Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

- Advertisement -
e-Kompas.ID

Categories