[SALAH] Victor Lindelof Gagal Jantung setelah Vaksinasi Covid-19, kemudian Jantungnya Dipasangi Chip - e-Kompas.ID
Connect with us

Covid-19

[SALAH] Victor Lindelof Gagal Jantung setelah Vaksinasi Covid-19, kemudian Jantungnya Dipasangi Chip


Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR.

Informasi Palsu. Pihak Manchester United membantah bahwa sesak napas yang dialami Victor Lindelof karena terpapar Covid-19, pun juga tidak ada informasi resmi bahwa sesak napas tersebut berkaitan dengan vaksinasi Covid-19. Karena sakitnya tersebut, jantung Victor Lindelof dipasangi alat monitor jantung selama 2 hari oleh petugas medis, bukan chip.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====

SUMBER: Grup Telegram

=====
NARASI:
Jantung Victor Lindelof dipasangi chip selama 2 hari, jika situasi memburuk ada kemungkinan untuk pensiun dini.
*dua poster gambar berjudul
“PENSIUN DINI! Victor Jorgen Nillson Lindelof”
“Fenomena Para Atlet Berjatuhan Dan Kasus Gagal Jantung Setelah Vaksinasi Covid-19. Another Unfortunate Coincidence”

=====
PENJELASAN:
Beredar postingan di grup Telegram bernama congor_istana, yang memposting sebuah gambar disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa, bek tengah Manchester United Victor Lindelof jantungnya dipasangi chip selama 2 hari. Menyusul klaim tersebut, ditambahkan pula 2 gambar bertuliskan Victor Lindelof pensiun dini dan kasus para atlet gagal jantung setelah vaksin Covid-19.

Postingan tersebut beredar di tengah program vaksinasi yang sedang digencarkan pemerintah untuk menghentikan pandemi Covid-19, dan bermaksud untuk memberikan bukti bahwa vaksin Covid-19 berbahaya.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, tidak benar bahwa Victor Lindelof sesak napas setelah diberikan vaksin Covid-19, pun juga tidak dipasangi chip di bagian jantung.

Dilansir dari detik.com, Lindelof harus meninggalkan lapangan di 16 menit terakhir MU melawan Norwich City (0-1), karena sesak napas secara mendadak. Pihak fans dan klub menduga Lindelof terpapar Covid-19 dan ia memiliki riwayat sakit pernapasan. Kebetulan, sehari setelah pertandingan lawan Norwich Citys, MU menutup pusat latihan di Carrington setelah ditemukan sejumlah kasus positif corona di antara pemain dan staf klub.

Namun hal ini dibantah oleh pihak Manchester United bahwa Lindelof terpapar Covid-19, pasalnya hasil pemeriksaan media menunjukkan Lindelof negatif Covid-19. Adapun mengenai keterhubungan dengan vaksinasi Covid-19 juga tidak ada informasi resmi. Saat ini kondisi Victor Lindelof sudah pulih sepenuhnya.

Adapun klaim bahwa jantung Victor Lindelof dipasangi chip selama 2 hari juga tidak benar. Melansir dari tempo.co, Lindelof diberi perawatan intensif dan dipasangi alat monitor jantung selama 2 hari, bukan chip. Hal ini disampaikan langsung oleh istrinya Maja Nilsson Lindelof,

“Dia menjalani banyak tes dan jantungnya dipasang monitor selama dua hari untuk memastikan semuanya baik-baik saja.”

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim congor_istana adalah tidak benar dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

=====
REFERENSI:
https://sport.detik.com/sepakbola/liga-inggris/d-5855007/lindelof-sudah-membaik-bukan-kena-covid-19

 

https://www.google.com/amp/s/bola.tempo.co/amp/1539627/bek-manchester-united-victor-lindelof-jalani-perawatan-intensif-jantung

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *