Tenaga Kerja Indonesia Berpeluang Besar di Jepang, Delegasi BNSP, Kemnaker, & Kadin Indonesia Temui Zensho - e-Kompas.ID
Connect with us

Internasional

Tenaga Kerja Indonesia Berpeluang Besar di Jepang, Delegasi BNSP, Kemnaker, & Kadin Indonesia Temui Zensho

Foto : Delegasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bertemu dengan Zensho Holding Co., Ltd. , Tokyo, Jepang (11/7/24). (Doc.Ist)

e-KOMPAS.id – Kunjungan kerja ke-9 pada hari keempat ini membawa angin segar bagi tenaga kerja Indonesia, Tokyo, Jepang (11/7/24).

Delegasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bertemu dengan Zensho Holding Co., Ltd., sebuah perusahaan kuliner raksasa Jepang yang memiliki lebih dari 14.000 outlet dan omzet lebih dari 100 triliun yen per tahun.

Pertemuan ini menjadi momentum penting untuk membuka peluang besar bagi tenaga kerja Indonesia di kancah internasional.

Zensho Holding Co., Ltd., yang dikenal memiliki sistem terintegrasi dari hulu ke hilir termasuk sektor pertanian, peternakan, dan logistik, mengungkapkan kebutuhan besar akan tenaga kerja kompeten.

Perusahaan ini memproyeksikan kebutuhan tenaga kerja mencapai 120 ribu orang di masa depan.

Ini merupakan peluang besar bagi tenaga kerja Indonesia untuk dapat bekerja di perusahaan prestisius dengan skala global seperti Zensho.

Dalam pertemuan tersebut, Zensho menyampaikan harapannya agar tenaga kerja Indonesia dapat mengisi kebutuhan tersebut.

Mereka menekankan pentingnya pemahaman dan penerapan standar halal dalam proses masak-memasak.

Hal ini mengingat Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim memiliki tenaga kerja yang berpotensi besar dalam memenuhi standar halal yang dibutuhkan oleh Zensho.

Untuk mendukung kebutuhan tersebut, BNSP berencana bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menyesuaikan standar halal Indonesia dengan kebutuhan Zensho.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak besar bagi tenaga kerja Indonesia, memungkinkan mereka memenuhi standar internasional dan mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan global seperti Zensho.

Hal ini tidak hanya membuka peluang kerja, tetapi juga meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja Indonesia di pasar internasional.

Delegasi BNSP, Kemnaker, dan Kadin Indonesia optimis bahwa kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak.

Zensho mendapatkan tenaga kerja yang kompeten dan sesuai dengan standar yang mereka butuhkan, sementara tenaga kerja Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bekerja di lingkungan internasional yang prestisius dan profesional.

Langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memperluas peluang kerja di luar negeri.

Kunjungan kerja ini juga menjadi bukti nyata komitmen pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kerjasama internasional dan membuka peluang bagi tenaga kerja Indonesia di pasar global.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif antara Indonesia dan Jepang dalam bidang ketenagakerjaan, khususnya di sektor kuliner dan industri pendukungnya.

Kesempatan besar ini tidak hanya memberikan peluang kerja, tetapi juga mendorong peningkatan kompetensi tenaga kerja Indonesia melalui pelatihan dan sertifikasi yang sesuai dengan standar internasional.

Dengan demikian, tenaga kerja Indonesia akan lebih siap menghadapi tantangan dan tuntutan di pasar global, sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing tinggi.

Kunjungan kerja BNSP, Kemnaker, dan Kadin Indonesia ke Zensho Holding Co., Ltd. diharapkan menjadi langkah awal yang positif dalam membuka peluang besar bagi tenaga kerja Indonesia.

Dengan kerjasama yang baik dan dukungan penuh dari semua pihak, diharapkan tenaga kerja Indonesia dapat mengisi kebutuhan tenaga kerja di Zensho dan memberikan kontribusi positif bagi kedua negara.

Ini merupakan langkah maju signifikan bagi pengembangan tenaga kerja Indonesia di kancah internasional, sekaligus memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang dalam bidang ketenagakerjaan.

Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua negara.

Copyright © 2022 e-Kompas.ID