5 Rebusan Berkhasiat Menurunkan Kadar Gula Darah, Salah Satunya Kayu Manis! : e-Kompas.ID health - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

5 Rebusan Berkhasiat Menurunkan Kadar Gula Darah, Salah Satunya Kayu Manis! : e-Kompas.ID health

[ad_1]

RUPANYA terdapat berbagai jenis minuman rebusan yang bisa menurunkan gula darah. Apalagi kita tahu, jika kadar gula terlalu tinggi dan dibiarkan, bisa memicu berbagai penyakit kronis seperti diabetes melitus.

Lalu, minuman rebusan apa saja yang bisa menurunkan gula darah?

kayu manis

1. Rebusan kayu manis

Cara menurunkan gula darah secara alami juga bisa dengan mengonsumsi ekstrak kayu manis. Obat herbal diabetes yang satu ini disebut-sebut dapat meningkatkan sensitivitas insulin dengan cara menurunkan resistensi insulin di tingkat sel. Dalam sebuah studi, konsumsi ekstrak kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah hingga 29 persen.

2. Daun kelor

Daun Kelor mengandung asam klorogenik. Ini bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa sesuai kebutuhan. Selain itu, senyawa isothiocyanate yang terkandung dalam daun kelor juga mampu memberikan perlindungan terhadap diabetes.

 BACA JUGA:

3. Teh Hitam

Rebusan teh hitam bagus untuk menurunkan kadar gula darah. Apalagi senyawa teh membantu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Para peneliti bahkan mengatakan komponen teh ini dapat dikembangkan menjadi produk yang suatu hari nanti dapat membantu mengelola diabetes.

 BACA JUGA:


Follow Berita e-Kompas.ID di Google News

4. Teh Hijau

Selain teh chamomile, teh hijau juga dapat digunakan untuk menurunkan gula darah. Hal ini karena teh hijau kaya akan polifenol yang menurunkan peradangan dan hormon stres. Namun sebagai catatan, tidak diperkenankan untuk menambah pemanis saat meminumnya.

5. Daun salam

Daun salam yang biasanya untuk memasak aneka jenis makanan ternyata punya khasiat bagi kesehatan. Teh daun salam bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan kadar gula darah. Dikutip dari healthline, rebusan daun salam menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis e-Kompas.ID.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

[ad_2]

Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Copyright © 2025 e-Kompas.ID