10 Ikan Termahal Dunia yang Harganya Capai Miliaran, Cupang Termasuk Gak Ya? : e-Kompas.ID Lifestyle - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

10 Ikan Termahal Dunia yang Harganya Capai Miliaran, Cupang Termasuk Gak Ya? : e-Kompas.ID Lifestyle


SELAMA pandemi beberapa hobi bermunculan, salah satunya mengoleksi ikan hias. Nah, berapa banyak jenis ikan hias yang Anda tahu? Biasanya ketika disebutkan ikan hias, maka yang terpikirkan di kepala adalah ikan cupang.

Tapi, ikan dunia ini memiliki lebih dari 30.000 spesies, baik ikan hias maupun ikan di alam liar. Harga ikan juga beragam, baik untuk dipelihara maupun dikonsumsi. Memang, jenis ikan hias biasanya lebih mahal ketimbang ikan konsumsi.

Nah, dilansir dari The Wealth Circle, berikut 10 ikan termahal di dunia di 2021, cupang kira-kira masuk enggak ya?

Clarion Angelfish

Ikan Mahal

Clarion Angelfish adalah ikan yang banyak ditemukan di air asin. Tubuh berwarna kuning dengan garis-garis biru cemerlang memanjang ke bawah dan menutupi wajah mereka menjadi daya tarik ikan satu ini. Ikan ini biasanya dipelihara di penangkaran di Bali, harganya berkisar dari USD2.500 hingga USD7.000 atau Rp35 juta – Rp100 juta tergantung ketersediaan waktu.

Wrought Iron Butterflyfish

Ikan Mahal

Wrought Iron Butterflyfish ini terkenal dengan corak dan warna tubuhnya yang indah. Harganya USD2.700 atau Rp38 juta rupiah. Ikan jenis ini senang bergerak berpasangan atau dalam kelompok kecil. Ketika para ikan berkumpul , mereka selalu aman karena tidak ada pemangsa yang berani memangsa mereka.

Perch Flathead Australia

Ikan Mahal

The Australian Flathead Perch, salah satu dari sepuluh ikan termahal di dunia, adalah salah satu ikan Basslet yang paling langka dan paling tidak populer. Garis-garis biru di tubuh mereka memiliki tepi hitam juga. Mereka memiliki tengkorak yang rata dan mulut yang besar, dan penampilan mereka yang tidak biasa membuat mereka diberi nama Rainford. Ikan ini pun bisa dibeli dengan harga USD5.000 atau sekira Rp71,5 juta.

Kerapu Neptunus

Ikan Mahal

Ikan Kerapu Neptunus hidup di kedalaman 260 hingga 800 kaki, dan proses dekompresi khusus ke permukaan. Anehnya, meskipun harganya USD6.000 atau Rp86 juta ikan ini lebih sering terlihat di pasar.

Golden Basslet

Ikan Mahal

Golden Basslet adalah permata air yang indah dan langka dengan label harga USD8.000 atau Rp114 juta. Ikan ini, hidup di kedalaman air yang luar biasa dan cara membawanya ke permukaan menggunakan teknik dekompresi yang rumit. Namun, ikan ini mudah dipelihara dan beradaptasi dengan baik di penangkaran.

Bladefin Basslet

Ikan Mahal

Basslet Bladefin adalah ikan kecil dengan label harga yang mahal yaitu USD10.000 atau Rp143 juta. Umumnya sebagian ikan basslet hidup di terumbu yang sangat dalam. Ada yang tinggal di kedalaman lebih dari 500 kaki, sehingga sangat sulit untuk dipanen. Kapal selam adalah satu-satunya cara untuk mengumpulkan ikan mikro laut berwarna indah ini, yang membuatnya lebih mahal.

Masked Angelfish

Ikan Mahal

Masked Angelfish memiliki tubuh seputih salju dan seolah bertopeng hitam mencolok, warna ini membuat mereka sangat cantik. Ikan ini secara ilmiah dikenal sebagai Centropyge Venustus. Perairan Kepulauan Hawaii bagian utara adalah rumah bagi ikan laut tropis ini.

Meskipun tidak banyak di alam, habitatnya telah dilarang untuk penangkapan ikan komersial, sehingga hanya beberapa spesimen yang berhasil dijual ke pasar terbuka senilai USD20.000 atau Rp286 juta. Itulah sebabnya ikan ini sangat mahal.

Peppermint Angelfish

Ikan Mahal

Peppermint Angelfish mendapat namanya dari permen peppermint. Ikan ini dikenal dengan keindahan tubuhnya saat berputar. Tubuh ikan berwarna jingga kemerahan, dengan garis-garis putih vertikal ini disukai banyak orang. Harganya USD30.000 atau Rp430 juta. Ukuran maksimum 3 inci, dan sekarang ikan ini langka dan hanya ada satu dipamerkan di Amerika Serikat.

Ikan Pari Polka Dot Air Tawar

Ikan Mahal

Ikan pari adalah ikan paling mahal yang dapat dikonsumsi di dunia, harga jual hingga USD100.000 atau Rp1,4 miliar. Ikan jenis ini sangat mahal karena diekspor dari Brasil karena saat ini dilarang.

Arwana Platinum

Ikan Mahal

Platinum Arwana bernilai lebih dari USD400.000 atau Rp5,7 miliar. Ikan satu ini juga dijuluki monster akuarium karena ukurannya yang besar, tubuh metalik, dan gigi runcing yang besar. miliareski tergolong mahal, tetap banyak pemintanya karena ada pepatah mengatakan Anda cukup beruntung jika dapat melihat arwana.

Ikan ini juga dipercaya membawa kekayaan, keberuntungan, dan kemakmuran bagi mereka yang memeliharannya. Semacam, Ikan pembawa hoki gitu ya!



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *