4 Fakta Penerima BLT Subsidi Gaji Ditambah, Cek Jadwal Pencairan Rp1 Juta : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

4 Fakta Penerima BLT Subsidi Gaji Ditambah, Cek Jadwal Pencairan Rp1 Juta : e-Kompas.ID Economy



JAKARTA – Jadwal pencairan BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta untuk pekerja se-Indonesia ditargetkan pada November 2021. Pencairan BLT subsidi gaji ini merupakan perluasan penerima BSU Rp1 juta.

Keputusan untuk memperluas cakupan penerima ini dilakukan sebab masih ada sisa Rp1,7 triliun dari pagu yang sudah dianggarkan. Bantuan ini akan disalurkan melalui rekening Himbara kepada 1,6 juta pekerja/buruh. Berikut fakta-fakta yang dikumpulkan e-Kompas.ID terkait BLT Subsidi.

Baca Juga: Simak Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta untuk Pekerja se-Indonesia

1. BLT Subsidi Gaji Cair Lagi

BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta akan cair lagi. Kali ini, BLT menyasar pekerja se-Indonesia dan ditargetkan cair pada November 2021.

“Saat ini, kita sedang menyelesaikan perubahan regulasi. Kita harapkan bulan November sudah disalurkan,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi

Baca Juga: 6 Fakta Pekerja se-Indonesia Kebagian BLT Subsidi Gaji, Cek ATM Saldo Bertambah Rp1 Juta

2. Perluasan Wilayah

Perubahan regulasi pencairan BLT subsidi gaji ini terjadi terkait perluasan wilayah. Sebelumnya, hanya pekerja/buruh yang bekerja di wilayah PPKM level 3 atau 4 yang dapat menerima bantuan ini.

“Terutama terkait dengan perluasan wilayah yang terdampak pandemi covid-19 level 3 dan 4,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi.

3. Dua Cara Cek Status Penerima

Terdapat dua cara untuk mengecek status penerima BLT subsidi gaji Rp1 juta. Pertama, melalui laman https://bsu.kemnaker.go.id/, kedua, melalui situs BPJS Ketenagakerjaan di bsu.bpjsketenagakerjaan.go id atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, serta melalui layanan WhatsApp di nomor 081380070175 atau call center Layanan Masyarakat 175.

4. Dicairkan ke 1,6 Juta Pekerja

Bantuan ini rencananya akan menyasar 1,6 pekerja/buruh di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia. Namun, penerima BSU tetap bukan merupakan penerima bantuan lain seperti Kartu Prakerja, PKH, BPUM, dan lain-lain.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *