Connect with us

Headline

4 Hari Pascabanjir, Ketinggian Air di Kayong Utara Kalbar Menurun : e-Kompas.ID News



JAKARTA – Banjir yang melanda Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar) sudah mulai surut sejak banjir melanda daerah tersebut pada Rabu (14/7/2021). Itu berdasarkan pantauan BPBD setempat pada Sabtu (17/7/2021) pagi.

“Tinggi muka air (TMA) kawasan tergenang banjir di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat menurun. Hal tersebut dipantau BPBD setempat pada hari ini, Sabtu (17/7/2021), pukul 06.00 WIB,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulis.

BPBD Kayong Utara melaporkan mobilitas masyarakat masih terganggu karena beberapa akses jalan belum dapat dilewati. Di samping itu, kegiatan perekonomian belum sepenuhnya berjalan, seperti pertokoan yang terendam banjir. Namun, sebagian kecil warga, seperti di Dusun Tanjung, Desa Tanjung Satai, telah membuka toko mereka.

“Kondisi cuaca cerah diharapkan dapat mempercepat surutnya genangan. BPBD memantau TMA berkisar 10-30 cm di beberapa titik,” katanya.

Baca Juga : Banjir Kepung Dua Desa di Luwu Sulsel, Seorang Pengendara Nyaris Terseret

Selain terdampak banjir, beberapa titik longsor terjadi di kabupaten ini. “Perkembangan terkini pascalongsor, BPBD dan instansi terkait masih melakukan upaya pencarian terhadap 1 warga korban longsor yang belum ditemukan,” ujar Abdul.

BPBD Kayong Utara mencatat 7 desa di tiga kecamatan terdampak banjir. Ketujuah desa tersebut yaitu Desa Sedahan Jaya dan Sejahtera di Kecamatan Sukadan, Desa Sei Mata-mata dan Medan Jaya di Simpang Hilir, dan Desa Tanjung Satau, Satai Lestari dan Kemboja di Pulau Maya.

Kejadian banjir yang disertai longsor ini mengakibatkan pengungsian, jatuhnya korban jiwa dan kerusakan infrastruktur. BPBD dan instansi terkait lain juga terus melakukan penanganan darurat.

Pemerintah daerah Kabupaten Kayong Utara menetapkan status tanggap darurat terhitung sejak 14 hingga 27 Juli 2021.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *