4 Tips Pemasaran UMKM dengan Media Sosial : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

4 Tips Pemasaran UMKM dengan Media Sosial : e-Kompas.ID Economy



JAKARTAPemasaran digital dengan media sosial kini ramai digunakan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini tidak terlepas dari banyaknya jumlah pengguna media sosial dan kemudahan dalam penggunaannya.

Namun, persaingan makin hari makin ketat. Agar brand tetap eksis, tentu pelaku UMKM harus menerapkan serangkaian strategi. Dikutip dari akun Instagram Komunitas Sahabat UMKM pada Selasa (28/9/2021), berikut empat tips pemasaran di media sosial yang efektif.

Baca Juga: TikTok Beri Akses Edukasi Pemasaran Digital Gratis bagi UMKM

1. Bangun Interaksi

Agar brand UMKM dapat dikenali di media sosial, interaksi sangat penting untuk dibangun. Di media sosial, pengikut bukanlah sekadar angka. Lebih dari itu, pengikut sesungguhnya adalah calon pelanggan.

Baca Juga: UMKM Ini Sulap Kulit Biji Kopi Jadi Kulit Sintetis

2. Konten Visual yang Menyenangkan dan Menarik

Visual adalah aspek penting agar pengguna media sosial berkeinginan untuk mencari tahu lebih jauh tentang sebuah brand. Oleh karena itu, konten visual harus dibuat semenarik mungkin dengan sentuhan storytelling yang menonjolkan kekuatan brand.

3. Strategi Promosi yang Tepat

Frekuensi penayangan konten menjadi penting saat berpromosi dengan media sosial. Pelaku UMKM tidak boleh asal posting agar konten promosi tidak mengganggu calon pelanggan. Hal ini karena media sosial memiliki algoritma tersendiri.

Untuk mengetahui strategi promosi mana yang paling sesuai dengan brand, pelaku UMKM perlu rajin-rajin bereksperimen dengan model konten hingga jam penayangan. Fitur insight dapat dimanfaatkan untuk mengukur keberhasilan strategi tersebut.

4. Customer Engagement

Pada langkah ini, pelaku UMKM hendaknya memaksimalkan fitur-fitur bawaan media sosial untuk menjaga interaksi dengan pelanggan. Cara yang umumnya dilakukan yaitu giveaway, photo challenge, hingga memanfaatkan fitur voting untuk mengetahui arah minat pelanggan.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *