Connect with us

Headline

5 Alasan Jorginho Kalahkan Lionel Messi di Perebutan Trofi Ballon dOr 2021, Nomor 1 Fakta Tersembunyi : e-Kompas.ID Bola


JORGINHO dijagokan memenangkan trofi Ballon dOr 2021. Ia dijagokan memenangkan trofi berbentuk bola emas setelah mengantarkan Chelsea juara Liga Champions 2020-2021 dan membawa Italia juara Piala Eropa 2020.

Gelandang keturunan Brasil ini bahkan dijagokan mengalahkan Lionel Messi yang membantu Argentina juara Copa America 2021. Sederet fakta pun membuat Jorginho akan mengalahkan Lionel Messi dalam perebutan trofi Ballon dOr 2021. Lantas, apa saja ?

Berikut 5 alasan Jorginho kalahkan Lionel Messi di perebutan trofi Ballon dOr 2021:

5. Ikuti Jejak Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo saat cium trofi Piala Eropa)

Jorginho mengikuti jejak yang pernah dicapai Cristiano Ronaldo pada 2016. Saat itu, Cristiano Ronaldo mengantarkan Real Madrid juara Liga Champions 2015-2016 dan membawa Portugal kampiun Piala Eropa 2016. Cristiano Ronaldo unggul dari bintang-bintang yang membantu Cile juara Copa America 2016 seperti Claudio Bravo, Eduardo Vargas maupun Alexis Sanchez.

Karena itu, Jorginho dalam trek yang tepat untuk memenangkan trofi Ballon dOr 2021. Jika memenangkannya, Jorginho menjadi pemain Italia pertama yang memenangkan trofi ini sejak 2006.

4. Senasib Cristiano Ronaldo Lagi

Jorginho

(Penalti Jorginho ditepis Pickford)

Di final Liga Champions 2007-2008 saat Manchester United vs Chelsea, Cristiano Ronaldo maju sebagai eksekutor penalti pertama Setan Merah. Sayangnya, tembakan Cristiano Ronaldo saat itu dapat dimentahkan kiper Chelsea, Petr Cech. Meski Cristiano Ronaldo gagal mencetak gol di adu tos-tosan, Manchester United tetap menang 6-5 atas Chelsea dan keluar sebagai juara Liga Champions 2007-2008.

Alhasil di pengujung tahun, Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai peraih trofi Ballon dOr 2008. Begitu juga dengan Jorginho. Gelandang berdarah Brasil ini gagal menjalankan tugasnya dengan baik saat Italia menghadapi Inggris di adu tos-tosan final Piala Eropa 2020.

BACA JUGA: 5 Calon Peraih Trofi Ballon dOr 2021 Kelar Piala Eropa dan Copa America, Nomor 1 Picu Pro dan Kontra

Saat itu, tembakan Jorginho dapat diamankan kiper Inggris, Jordan Pickford. Meski begitu, Italia memenangkan pertandingan dengan skor 3-2.

3. Otak Permainan

Jorginho

Bukan hanya Lionel Messi bersama timnya, Jorginho juga otak permainan Chelsea dan Italia. Jalan atau tidaknya permainan Chelsea dan Italia, tergantung performa mantan gelandang Hellas Verona ini.

2. Nama Baru

Jorginho

Panelis berpotensi memilih nama baru sebagai pemenang, alih-alih Kembali memenangkan Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo. Tentu masih hangat dalam ingatan kepada panelis memenangkan Luka Modric sebagai peraih trofi Ballon dOr 2018.

Padahal, secara individu dan koleksi gelar, Cristiano Ronaldo tidak kalah ketimbang Luka Modric. Jadi, jangan heran jika Jorginho yang mengangkat trofi Ballon dOr 2021.

1. Juara Copa America Jarang Menangkan Ballon dOr

Lionel Messi

(Messi bantu Argentina juara Copa America 2021)

Keberhasilan juara Copa America 2021, membuat Lionel Messi digadang-gadang memenangkan trofi Ballon dOr. Padahal dalam sejarah, pemain yang membawa sang negara juara Copa America, hampir tak pernah memenangkan trofi Ballon dOr.

Dalam 30 tahun terakhir atau sejak Copa America 1991, hanya satu kali, pemain yang membawa sang negara kampiun Copa America, keluar sebagai peraih trofi Ballon dOr. Sosok yang dimaksud adalah Ronaldo Luis yang meraih trofi Copa America dan Ballon dOr 1997.

Kemudian pada 2007 Brasil juara Copa America, dan pesepakbola asal Brasil, Ricardo Kaka, terpilih sebagai trofi Ballon dOr 2007. Namun, trofi itu diraih berkat kiprah apik Kaka yang membawa AC Milan juara Liga Champions 2006-2007. Sekadar informasi, Kaka absen saat Brasil turun di Copa America 2007.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *