5 Fakta BLT Subsidi Gaji Cair Rp6,7 Triliun, Pekerja Dapat Rp1 Juta : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

5 Fakta BLT Subsidi Gaji Cair Rp6,7 Triliun, Pekerja Dapat Rp1 Juta : e-Kompas.ID Economy



JAKARTABLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta menjadi salah satu bantuan sosial (bansos) yang diberikan Pemerintah untuk masyarakat Indonesia. Bantuan ini menyasar pekerja/buruh di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Ditransfer Lewat Bank BUMN

Berdasarkan laporan, anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk klaster perlindungan sosial (perlinsos) telah terealisasi Rp132,49 triliun. BLT subsidi gaji sendiri telah terealisasi Rp6,7 triliun. Simak fakta-faktanya yang telah e-Kompas.ID rangkum di bawah ini, Sabtu (20/10/2021).

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Masuk ke Rekening 1,6 Juta Pekerja, Pastikan Sesuai Kriteria Ini

1. Terealisasi 76,1%

Pagu untuk program BLT subsidi gaji adalah Rp8,80 triliun. Dengan jumlah bantuan yang telah tersalur sebanyak Rp6,7 triliun, artinya bantuan telah terealisasi 76,1%.

“Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar 76,1% atau Rp6,70 triliun dari pagu Rp8,80 triliun,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.


2. Cakupan penerima diperluas

Karena adanya sisa anggaran, penerima BSU yang mulanya hanya untuk pekerja di wilayah PPKM level 3 atau 4 akan diperluas menjadi seluruh Indonesia.

3. Ditambah 1,6 juta penerima

Jumlah penerima pun akan ditambah 1,6 juta pekerja/buruh dengan anggaran Rp1,6 triliun.

4. Disalurkan lewat rekening himbara

Karena bantuan bersifat tunai, Pemenrintah pun bekerja sama dengan bank-bank BUMN atau himpunan bank rakyat (himbara), yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN.

5. Jadwal aktivasi rekening

Rekening himbara yang akan digunakan harus diaktivasi sebelum 15 Desember 2021. Apabila melewati tanggal tersebut, uang bantuan akan dikembalikan ke kas negara.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *