5 Fakta Max Sopacua, Jadi Penyiar Terkenal hingga Besarkan Demokrat : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

5 Fakta Max Sopacua, Jadi Penyiar Terkenal hingga Besarkan Demokrat : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA – Politikus senior Partai Demokrat Max Sopacua meninggal dunia pada Rabu (17/11/2021) pukul 5.53 di RSPAD, Jakarta Pusat. Dirinya merupakan sosok yang dihormati oleh kawan dan lawan.

Adapun beberapa fakta mengenai sepak terjang Max Sopacua yang sudah dirangkum sebagai berikut:

1. Biografi Singkat

Max Sopacua lahir di Ambon, Maluku pada 2 Maret 1946. Max menikah dengan Tutie Irawati dan dikaruniai tiga orang anak. Selama hidupnya, Max Sopacua sudah menjabat berbagai jabatan penting.

Pendidikan SD hingga SMA diselesaikan Max di SR Negeri Saparua, yakni di SR Negeri Saparua selama enam tahun hingga 1958, SMP Negeri 2 Saparua sampai 1961, terakhir di SMA Negeri 1 Ambon.

2. Sempat Menjadi Penyiar

Max berhasil menuntaskan pendidikan strata-1 di STIE Gotong Royong dan meraih gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) pada tahun 2003. Selanjutnya pada tahun 2005, dia gelar Master of Science (M.Sc.) di perguruan tinggi yang sama.

Banyak yang tak tahu, sebelum terjun ke dunia politik, Max merupakan penyiar berita olahraga di TVRI terkenal medio 1980-an hingga 1990-an. Dia juga pernah menjadi produser di TVRI pada tahun 1985 hingga 2002.

Baca juga: Max Sopacua Wafat, AHY Ajak Keluarga Besar Partai Demokrat Kirimkan Doa

3. Karier Politik

Karier politik Max kemudian mentereng setelah bergabung dengan Partai Demokrat pada 2002. Dia langsung menjadi Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Wasekjen DPP) Partai Demokrat hingga 2005.

Dalam waktu singkat, Max terpilih sebagai anggota DPR RI dapil Jawa Barat IV periode 2004-2009. Dia bertugas di Komisi IX dan sempat menjadi wakil ketua di komisi tersebut dari tahun 2005–2007.

Selain itu, ia juga menjadi Wakil Ketua Panitia Khusus Angket tentang Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak pada 2008 hingga 2009.

Max kembali terpilih sebagai wakil rakyat di DPR RI pada pemilu legislatif 2009, kali ini mewakili dapil Jawa Barat V. Ia bertugas di Komisi I dan Badan Kerja Sama Antar-Parlemen sebagai anggota.

4. Sosok Penting Partai Demokrat

Penggagas Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Hengky Luntungan, yang juga merupakan salah satu pendiri Partai Demokrat, menyampaikan bahwa Max Sopacua adalah sosok penting dalam partai ini.

Mmeskipun bukan salah satu pendiri dari 99 orang pendiri Partai Demokrat, namun peran dari Max Sopacua amat penting dalam menjaga marwah partai terbuka untuk semua pihak dan mendorong kemajuan bangsa Indonesia.

“Dia memang bukan pendiri, tapi beliau (Max Sopacua) mendampingi pendiri Prof Budi Santoso dan Hengky Luntungan atas nama 99 orang pendiri Partai Demokrat (40% sudah meninggal dunia) untuk mengembalikan Partai Demokrat ke landasan awal saat terbentuk di 2001,” terang Hengky Luntungan kepada MNC Portal.

5. Politikus Berkarakter

Wali Kota Bogor Bima Arya menjelaskan bahwa dirinya menganggap Max Sopacua sebagai sosok politikus berkarakter dengan kiprah panjang, dan tidak karbitan.

“Pak Max adalah sosok politisi senior yang kiprahnya panjang dan tidak karbitan,” kata Bima kepada wartawan.

“Pak Max adalah sosok politisi yang berkarakter. Saya tidak saja banyak mendapat ilmu dari beliau dalam bentuk saran dan nasihat, tapi juga dukungan politik yang sangat penting bagi berjalannya program di Kota Bogor. Semoga Beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” lanjutnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *