Connect with us

Headline

5 Fitur Keamanan di Aplikasi Telegram, Bisa Kirim Pesan Rahasia hingga Anti Kepo : e-Kompas.ID techno


JAKARTA– Aplikasi pesan instan seperti WhatsApp hingga Telegram membantu pengguna untuk berkirim pesan kepada siapapun. Tak hanya itu, setiap aplikasi juga memiliki fitur keunggulannya sendiri.

Seperti halnya, Telegram yang memiliki keunggulannya seperti menampung 200.000 anggota grup dan memiliki fitur Channel. Selain itu, Telegram juga punya fitur keamanan yang beragam.

Nah, berikut adalah beberapa fitur keamanan layanan chat yang didirikan oleh Pavel Durov tersebut seperti dirangkum, Senin (19/7/2021).

1. Secret Chat

Melalui fitur ini pengguna bisa mengirim pesan rahasia. Pesan ini dienkripsi end-to-end, sehingga tidak ada pihak ketiga yang bisa melihatnya. Termasuk pihak Telegram

 5 Fitur Keamanan di Telegram

 BACA JUGA:

– Orang yang Divaksin Covid-19 Disebut Punya Gelombang Bluetooth, Ini Faktanya

– Pertama Kali Bawa Manusia Terbang ke Angkasa, Intip Persiapan Blue Origin

 

2. Server Proxy

Telegram mendukung server proxy. Memungkinkan pengguna menyembunyikan IP address dengan mengkoneksikan akunnya ke sebuah server proxy khusus. Cara kerja fitur ini sama seperti VPN connection yang lazim digunakan untuk melindungi identitas di internet. Masuk ke Settings – Data and Storage – Proxy Settings.

3. Two-Step Verification

Fitur two-step verification mengharuskan pengguna memasukkan password setiap kali masuk ke akun Telegram pribadi melalui perangkat yang baru atau lama.

Password dibutuhkan sebagai pelengkap dari OTP (one-time password) yang muncul ketika pengguna memasang akun Telegram di perangkat baru. Fitur ini berguna untuk melindungi akun pengguna aplikasi dari para pencuri identitas yang mengetahui password dan berusaha meretas.

 4. Hapus Pesan Terkirim

Telegram bisa menghapus pesan yang sudah terkirim kapan pun dan tanpa ada batas waktu. Jadi, jika ingin menghapus pesan yang sudah terkirim sebulan lalu, masih bisa melakukannya.

5. Kunci pesan/Lock Chat

Pengguna Telegram bisa memanfaatkan fitur lock chat agar isi pesan tidak ketahuan orang lain. Cukup klik tombol Setting – Privacy and Security – Passcode and Touch ID – Pasang PIN atau Touch ID.

Pesan otomatis terkunci setelah aplikasi tidak digunakan selama beberapa menit. Untuk membukanya, klik ikon lock chat pada bagian atas aplikasi.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *