5 Pesepakbola yang Paling Sering Masuk Tiga Besar Peraih Ballon dOr, Nomor 1 Calon Pemenang Tahun Ini : e-Kompas.ID Bola - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

5 Pesepakbola yang Paling Sering Masuk Tiga Besar Peraih Ballon dOr, Nomor 1 Calon Pemenang Tahun Ini : e-Kompas.ID Bola


BALLON d’Or adalah sebuah penghargaan individu tahunan yang diberikan kepada pesepakbola terbaik dalam satu musim. Siapa pun yang dapat meraih trofi Ballon d’Or itu, maka ia dianggap telah menjadi pemain terbaik di dunia di musim tersebut.

Dalam proses pemilihan peraih Ballon d’Or, pemenang berdasarkan penilaian dari para jurnalis internasional dan pelatih serta kapten tim nasional. Mereka akan memilih pemain yang mereka anggap melakukan hal terbaik pada tahun sebelumnya.

Pada proses pemilihan itu juga, para voters akan diberikan tiga pemain terbaik untuk dipilih satu yang akan keluar sebagai pemenang. Tentunya sudah masuk tiga besar saja sudah sangat hebat, apalagi memenangkannya.

Jika peraih trofi Ballon d’Or terbanyak dikuasai oleh Lionel Messi dengan enam gelar, maka kira-kira siapa pesepakbola yang paling sering masuk ke dalam tiga besar peraih Ballon dOr?

Berikut 5 Pesepakbola yang Paling Sering Masuk Tiga Besar Ballon d’Or:

5. Johan Cruyff (Empat Kali Masuk Tiga Besar Ballon dO’r)

Johan Cruyff

Johan Cruyff adalah legenda di dunia sepakbola. Ia merupakan sosok yang dapat memberikan perubahan terhadap permainan sepakbola.

Saat masih menjadi pemain pun, Cruyff bisa dikatakan merupakan yang terbaik pada masanya. Terbukti dengan tiga gelar Ballon d’Or yang mampu diraihnya pada musim 1971, 1973, dan 1974. Tapi tahukah Anda sebenarnya Cruyff masuk ke dalam tiga besar sebanyak empat kali.

Cruyff sebenarnya masuk ke dalam tiga besar kandidat kuat perain Ballon d’Or 1975. Hanya saja ia pada saat itu hanya bisa menempati peringkat ketiga setelah kalah bersaing dengan Franz Beckenbauer dan Oleg Blokhin.

4. Franz Beckenbauer (Lima Kali Masuk Tiga Besar Ballon dO’r)

Franz Beckenbauer

Kebanyakan peraih Ballon d’Or adalah pemain yan berposisikan sebagai gelandang atau penyerang. Namun, Franz Beckenbauer mampu memberikan perbedaan karena ia sanggup masuk ke dalam tiga besar peraih Ballon d’Or sebanyak lima kali.

Untuk seorang bek, tentu apa yang dilakukan Beckenbauer sangatlah luar biasa. Dia tampil sebanyak lima kali masuk kandidat terkuat di Ballon d’Or.

Pertama pada 1972 dan langsung Beckenbauer yang keluar menjadi pemenangnya. Beckenbauer kemudian memenangkan Ballon d’Or keduanya empat tahun kemudian setelah memimpin Bayern Munich untuk kemenangan Piala Eropa ketiga berturut-turut.

3. Michel Platini (Lima Kali Masuk Tiga Besar Ballon dO’r)

Michel Platini

Pada 1980 adalah era di mana Michel Platini berjaya. Jadi, jangan heran jika sering terlihat masuk ke dalam tiga besar peraih Ballon d’Or. Tepatnya ia masuk sebanyak lima kali di peringkat tiga besar penghargaan individu paling prestisius di dunia tersebut.

Platini sama-sama mengoleksi jumlah penampilan tiga besar sebanyak apa yang dilakukan Beckenbauer. Tetapi Platini memenangkan trofi tersebut lebih banyak dari bek legenda Bayern Munich itu.

Jika Beckenbauer hanya bisa membawa pulang dua trofi saja dari lima kali masuk tiga besar, maka Platini berhasil memenangkan tiga trofi Ballon d’Or. Platini pun menjadi pemain pertama yang sukses memenangkan tiga trofi Ballon d’Or secara tiga kali berturut-turut.

2. Cristiano Ronaldo (12 Kali Masuk Tiga Besar Ballon dO’r)

Cristiano Ronaldo

Pada sepakbola modern sekarang ini, dunia sepakbola bisa dikatakan dikuasai oleh dua nama, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Hal itu dapat dibuktikan dengan jumlah Ronaldo yang telah mengoleksi lima trofi Ballon d’Or.

Hebatnya lagi, ternyata pemain yang kini membela Juventus itu telah masuk sebanyak 12 kali dalam tiga besar kandidat pemenang Ballon d’Or. Tentu itu semua sudah menjadi bukti kuat betapa besar pengaruh Ronaldo disetiap musimnya.

1. Lionel Messi (12 Kali Masuk Tiga Besar Ballon dO’r)

Lionel Messi

Lionel Messi sama seperti Ronaldo yang sudah 12 kali tampil di tiga besar kandidat peraih Ballon d’Or. Namun Messi bisa dikatakan jauh lebih baik daripada CR7 dalam hal ini, karena La Pulga –julukan Messi– memiliki enam trofi Ballon d’Or.

Messi unggul satu trofi ketimbang Ronaldo. Dengan sama-sama sudah 12 kali tampil di posisi tiga besar dan Messi nyatanya meraih trofi lebih banyak membuktikan bahwa ia adalah yang terbaik saat ini dalam hal peraih Ballon d’Or.

Jumlah trofi Ballon d’Or yang dimiliki Messi masih bisa terus bertambah jika ia memenangkannya di penghargaan musim ini. Peluang Messi meraih Ballon d’Or 2021 terbilang cukup besar.

Pasalnya Messi tampil luar biasa di musim 2020-2021. Ia membantu Barcelona memenangi Copa del Rey, menjadi top skor di Liga Spanyol dengan 25 gol, dan yang hebatnya ia membantu Argentina memenangkan Copa America 2021.

Messi bahkan juga meraih penghargaan individu di Copa America 2021. Ia terpilih sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut, top skor, dan pemberi assist terbanyak. Jadi, dengan berbagai prestasinya di musim 2020-2021, maka bukan tidak mungkin ia masuk ke kandidat tiga besar perain Ballon d;Or dan bahkan memenangkannya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *