Alasan BLT Dicairkan, Gaji Pekerja Berkurang Rp1,3 Juta : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Alasan BLT Dicairkan, Gaji Pekerja Berkurang Rp1,3 Juta : e-Kompas.ID Economy



JAKARTA – Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan hasil survei Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), BPJS Ketenagakerjaan, Kementerian Ketenagakerjaan dan Sekretariat Wakil Presiden. Survei dilakukan kepada 1.798 orang di 90 kabupaten/kota di 34 provinsi pada 24 Maret 2021-5 Mei 2021.

Hasilnya, 62% peserta penerima bantuan subsidi upah mengaku sempat mengalami kesulitan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari di masa awal Covid-19.

Baca Juga: 1 Juta Pekerja Ditransfer BLT Subsidi Gaji

“Maka dari itu pada akhirnya BSU ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa pandemi,” ucap Suahasil, dikutip dari Antara, Sabtu (31/7/2021).

Adapun rata-rata penurunan pendapatan pekerja penerima BSU dibandingkan sebelum pandemi sekitar Rp1,3 juta atau 26,1% dari total pendapatan.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Cair, 56,4% Pekerja Kontrak

Di sisi lain, Suahasil menjelaskan, penerima BSU merupakan kelompok masyarakat yang belum menerima program bantuan sosial rutin 25% keluarga dengan kondisi sosial ekonomi terbawah, seperti Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan (PKH), hingga kartu sembako.

Survei juga menunjukkan bahwa 56,4% penerima BSU adalah Pekerja Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) atau pekerja kontrak dan rata-rata memiliki gaji pokok Rp2,9 juta, atau penghasilan keseluruhannya (termasuk tunjangan tetap, tunjangan tidak tetap, lembur, serta tunjangan lain) sebesar Rp3,5 juta.

Kemudian, tambah dia, sebanyak 91,1% peserta program tercatat menggunakan bantuan untuk belanja pangan dan hanya 6,9% digunakan untuk menabung.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *