Aplikasi PeduliLindungi Down, Pemeriksaan Penumpang di Soetta Dilakukan Manual : e-Kompas.ID Megapolitan - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Aplikasi PeduliLindungi Down, Pemeriksaan Penumpang di Soetta Dilakukan Manual : e-Kompas.ID Megapolitan



TANGERANG – Aplikasi PeduliLindungi yang biasanya digunakan untuk pemeriksaan kesehatan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sempat mengalami gangguan pada Senin (4/10/2021). Akibatnya, antrean penumpang yang akan melakukan prosedur check-in mengular cukup panjang.

Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta, M Holik Muwardi mengatakan, proses keberangkatan penumpang akhirnya dilakukan secara manual. Namun, hal tersebut tidak sampai menimbulkan penumpukan penumpang.

“Tapi tidak sampai terjadi penumpukan penumpang, masalah bisa kami atasi dengan cara manual,” jelas Holik.

Baca Juga:  Bekasi Wajibkan Pasar Tradisional Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

Data penumpang berupa sertifikat vaksin dan juga hasil test PCR diperiksa melalui bukti fisik atau print out. Cara ini cukup memakan waktu jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi Pedulilindungi yang hanya butuh beberapa detik.

“Tapi pada prinsipnya antrean penumpang telah teratasi,” kata Holik.

Gangguan pada aplikasi Pedulilindungi sebenarnya sudah terjadi beberapa kali di Bandara Soekarno-Hatta. Namun hal tersebut tidak termasuk dalam kewenangan PT Angkasa Pura II. Pihaknya pun hanya bisa mengatasi gangguan tersebut sementara aplikasi tidak bisa diakses.

“Kami hanya mengatasi dan mencari solusi dari dampak ketika aplikasi itu tidak bisa diakses,” lanjutnya.

Holik berharap instansi berwenang dapat mengevaluasi dan menyempurnakan aplikasi PeduliLindungi agar tidak kembali down dan proses keberangkatan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta berjalan lancar.

Baca Juga:  Masuk Minimarket di Bekasi Wajib Aplikasi PeduliLindungi

Sebelumnya diketahui bahwa calon penumpang pesawat diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memproses keberangkatan penerbangan.

Aplikasi tersebut akan memastikan proses validasi dokumen kesehatan penumpang pesawat di bandara dilakukan secara digital sehingga lebih aman, cepat, mudah dan sangat mendukung protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

(Ari)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *