Connect with us

Headline

Bantu Warga, Ambulans Perindo DIY Hilir Mudik Antar Pasien dan Jenazah Covid-19 : e-Kompas.ID News



YOGYAKARTA – DPW Partai Perindo DI Yogyakarta menerjunkan beberapa unit ambulans untuk membantu penanganan kasus Covid-19 di DIY. Ambulans difungsikan, baik untuk antar jemput pasien dari tempat tinggal ke rumah sakit, maupun sebaliknya. 

Selain itu, ambulans juga digunakan untuk membawa pasien yang meninggal dari rumah sakit atau dari rumah pasien ke pemakamam.  Bantuan ini diberikan karena lonjakan kasus Covid-19 di Yogyakarta.

Ketua Partai Perindo DIY, Yuni Astuti mengatakan, Perindo DIY menggerahkan empat unit ambulans guna membantu mobilisasi antar jemput pasien dan jenzah pasien Covid-19. 

Baca juga: Bantu Mobilisasi Pasien Covid-19 di Bandung, Perindo Terjunkan Sejumlah Ambulans

Rinciannya, tiga ambulans standby untuk membantu masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Satu ambulans di Gunungkidul dikelola oleh DPD Perindo Gunungkidul.

“Kami mengandeng relawan untuk kegiatan ini. Guna melindungi dari penularan Covid-19,  semua dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) standar  dan fasilitas pendukung lainnya,” kata Yuni, Senin (19/7/2021) malam.

Yuni mengungkapkan, masyarakat antusias dengan bantuan ambulans Perindo DIY ini. Terbukti sejak diumumkan, banyak masyarakat yang meminta bantuan ambulans. 

“Rata-rata satu ambulans bisa tiga sampai empat kali bolak-balik melayani permintaan masyarakat,” ujarnya. 

Karena banyaknya permintaan, timnya sampai kewalahan untuk memberikan layanan, termasuk tidak bisa memenuhi permintaan agar ambulans standby di kantor kelurahan.

“Bantuan mobil  ambulans Perindo DIY, tidak lepas dari peran Babinsa dan Babhinkamtimas. Sebab mereka yang mengumumkan (viralkan) ke masyarakat dan sejak diumumkan langsung mendapat sambutan yang luar biasa,” jelasnya.

Yuni menambahkan, para relawan selalu siap dan stand bye 24 jam. Sehingga saat ada pemintaan bantuan langsung menuju lokasi. Baik untuk mengantar ke rumah sakit maupun membawa pulang ke rumah maupun ke pemakaman.  

“Pernah pada pukul satu malam membawa pasien berputar-putar dari rumah sakit satu ke rumah sakit lain sampai mendapatkan rumah sakit rujukan.  Ambulans Peinndo bukan hanya melayani pasien dan jenazah Covid-19 namun siapa saja yang membutuhkan akan dibantu dan jemput bola langsung ke lokasi pasien. Saat ini Perindo DIY memerlukan lagi beberapa armada ambulans untuk mendukung program ini,” ucap Yuni. 



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *