Connect with us

Headline

Begini Ramalan Analis soal IHSG Usai Libur Lebaran, Perhatikan Saham Ini : e-Kompas.ID Economy

Begini Ramalan Analis soal IHSG Usai Libur Lebaran, Perhatikan Saham



JAKARTA – Perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan dibuka pada hari ini usai libur Lebaran 2021. Pergerakan IHSG akan dipengaruhi sentimen global dan individual dari masing-masing emiten.

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, perdagangan IHSG usai libur Lebaran secara dominan karena sentimen global dan internal emiten itu sendiri. Dia mencatat, pelaku pasar lebih mencermati berita-berita dari tiap emiten dan tidak mengaitkan dengan sentimen Lebaran maupun larangan mudik.

“Terkait dengan sentimen Lebaran. Kali ini saya lihat tidak banyak terpengaruh. Pergerakan IHSG banyak digerakan oleh sentimen global dan sentimen individual dari tiap emiten,” ujar Reza saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: IHSG Diprediksi ‘Ngamuk’ Usai Libur Lebaran, Simak 8 Rekomendasi Saham Pilihan 

Dari pantauannya, momentum puasa, Lebaran dan mudik yang biasanya diidentikan dengan sentimen pada saham-saham ritel dan konsumer, saat ini, tidak banyak berpengaruh pada pergerakan saham. Meski begitu, sentimen eksternal tersebut masih cukup kuat bagi saham komoditas.

“Yang naik adalah saham-saham komoditas, bukan saham-saham ritel maupun konsumer yang selalu diidentikan dengan Lebaran. Nanti setelah Lebaran, tentunya selain komoditas juga kita lihat sentimen lainnya. The Fed meeting, angka indeks manufaktur global, rilis kinerja emiten kuartal 1-2021, dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama mencatat, IHSG pada perdagangan Senin diprediksi menguat. Berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance maksimum berada di kisaran 5.883.52 hingga 5.972.18. Sementara, indikator MACD telah membentuk pola golden cross di area negatif.

“Sementara, Stochastic dan RSI masih berada di area netral. Di sisi lain, terlihat pola hammer candle yang mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga kedepannya berpeluang menuju ke resistance terdekat,” tuturnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seputar Covid-19

Teknologi

Advertisement