BMKG Minta 4 Daerah di Jakut Waspada Banjir Rob Tertinggi : e-Kompas.ID Megapolitan - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

BMKG Minta 4 Daerah di Jakut Waspada Banjir Rob Tertinggi : e-Kompas.ID Megapolitan



JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut terjadi fenomena pasang maksimum air laut, yang dapat menyebabkan banjir rob di pesisir utara Jakarta pada 8 hingga 10 Desember 2021 pukul 08.00-12.00 WIB, dengan status waspada di empat wilayah.

Empat wilayah tersebut antara lain, Pademangan, Penjarigan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu.

Baca juga:  Serem! Ular Piton Masuk Pekarangan Rumah Warga saat Banjir Rob

Peringatan ini berdasarkan Surat BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Klas 1 Tj. Priok Jakarta Nomor ME.01.02/PDR/08/KTJP/XII/2011 tentang Peringatan Dini Banjir Pesisir atau Rob Wilayah Pesisir Utara Jakarta tanggal 8 Desember 2021.

“Terdapat aktivitas pasang air laut pada fase bulan baru bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi), peningkatan curah hujan serta potensi angin yang cukup kencang dapat memengaruhi dinamika pesisir di wilayah utara Jakarta berupa banjir pesisir atau rob,” tulis keterangan akun Instagram @bpbddkijakarta dikutip, Kamis (9/12/2021).

Baca juga:  Waspada, Banjir Rob Berpotensi Kembali Menerjang pada 18-22 Desember

Adapun masyarakat dapat memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG melalui: Call Center BMKG Maritim Tanjung Priok: 0813 1676 071,” tutupnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *