Bos Mitsubishi Ungkap Faktor Melemahnya Penjualan Mobil di Indonesia : e-Kompas.ID Otomotif - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Bos Mitsubishi Ungkap Faktor Melemahnya Penjualan Mobil di Indonesia : e-Kompas.ID Otomotif


JAKARTA – Penjualan otomotif di awal tahun 2024 memang kurang menggembirakan. Beberapa pabrikan otomotif baik itu mobil atau motor menyebut adanya penurunan penjualan dibandingkan periode yang sama di 2023. Termasuk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang menyebut first year (FY) 2024 tidak sebaik 2023.

Sebenarnya, jika dibandingkan bulan sebelumnya di tahun sama 2024 ada indikasi kinerja penjualan otomotif nasional sebenarnya membaik. Penjualan wholesales mobil nasional di Februari lalu naik 1,5% dibandingkan Januari. Atau menjadi 70.657 unit pada Februari 2024, dibandingkan Januari 2023 sebanyak 69.617 unit.

Tapi, jika dibandingkan untuk tahun bulan yang sama, penjualan retail mobil di Indonesia Februari 2024 menurun 10,3% menjadi 70.291 unit, dibandingkan Januari 2023 sebanyak 78.358 unit. Salah satu yang merasakan dampak penurunan adalah MMKSI. Yoshio Igarashi, Director of Sales and Marketing Division menyebut kondisi pasar memang sedang mengalami penurunan.

 “Kami sudah menjual 77.937 unit kendaraan dari periode Maret 2023 hingga Maret 2024. Ini bukan hasil terbaik bagi kami, jika dibandingkan tahun lalu. Penurunan terjadi di segmen line up terkuat MKKSI,” kata Igarashi, kepada media di Jakarta, Senin (1/4/2024).


Follow Berita e-Kompas.ID di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari e-Kompas.ID hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

President Director MMKSI Atsushi Kurita menyebut ada beberapa faktor yang membuat 2024 menjadi tantangan serius buat mereka. Selain persaingan pasar yang sangat ketat, faktor inflasi, kenaikan suku bunga, pergurangan subsidi bahan bakar, dan masalah politik juga berpengaruh besar pada pasar.

Kurita berharap pada 2024, MKKSI bisa mencatatkan pertumbuhan positif di industri otomotif. Pihaknya sedang mendorong pertumbuhan yang baik dari penjualan dan layanan purna jual. “Target kami adalah meningkatkan kepuasan konsumen kami meningkatkan kualitas hidup dari pelanggan kami,” tambah Kurita.

Produk anyar Mitsubishi disebut Igarashi mendapatkan respons positif pasar. Seperti XForce yang diperkenalkan pada November 2023 memperlihatkan tren baik dikelasnya. XForce memiliki market share 13% sehingga menempatkan model ini di peringkat kedua di SUV 5 seater.

Sementara untuk model SUV dan MPV, produk keluaran Mitsubishi masih jadi pilihan masyarakat Indonesia. di Kelas MPV yaitu XPander dan XPander Cross menempati top two dengan market share 23%. Sedangkan Pajero Sport bersaing di segemennya dan mendapatkan market share 41%.

Paling tinggi adalah L300. Market share L300 mencapai 55%, karena L300 merupakan produk mobil pickup tiada banding bagi konsumen di Indonesia. “Target penjualan di FY 2024 adalah 100.000 unit, kami akan lakukan usaha yag terbaik untuk mencapainya. Terakhir yang tetap jadi komitmen kami adalah mempertahankan kelebihan kami. Termasuk di layanan after-sales,” pungkas Igarashi.



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 e-Kompas.ID