Cari DNA WNA Korban Kebakaran Lapas Tangerang, Ditjen Pas Koordinasi dengan Kedubes : e-Kompas.ID Megapolitan - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Cari DNA WNA Korban Kebakaran Lapas Tangerang, Ditjen Pas Koordinasi dengan Kedubes : e-Kompas.ID Megapolitan



JAKARTADirektorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kemenkumham telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar asal WNA korban kebakaran Lapas Tangerang, Banten. Sejauh ini, pihak Kedutaan asal dua WNA itu sudah memberikan jawaban untuk mencari DNA keluarga korban.

“Terkait dengan pihak keluarga korban yang merupakan WNA, kami sudah menghubungi pihak Kedubes dan Kedubes langsung menghubungi Dubes. Sejauh ini sudah ada jawaban terkait keluarga Portugal,” ujar Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Ditjen Pas Thurman Hutapea, Minggu (12/9/2021).

Menurutnya, WNA asal Afrika Selatan yang menjadi korban kebakaran di Lapas Tangerang, Banten juga pihaknya sudah mendapatkan jawaban dari Kedubes Afrika Selatan. Namun, pihak Kedubes masih mencari keluarga korban masih dilakukan pencarian dan saat sudah ditemukan bakal diambil sampel DNA-nya agar bisa dikirimkan ke Indonesia guna identifikasi.

Baca juga: Polisi Sita Handphone hingga Kunci Gembok Terkait Kebakaran Lapas Tengerang

Sementara itu, Konsultan Operasi DVI Kebakaran Lapas Tangerang, Kombes Pramujoko menerangkan, data Antemortem korban kebakaran Lapas Tangerang sejatinya sudah diambil semua sampelnya. Hanya tinggal proses identifikasi, yang mana sejauh ini sudah ada 7 orang yang teridentifikasi dan tinggal 34 orang lagi yang belum teridentifikasi.

“Tinggal dua WNA saja, yang Zimbabwe dan Portugal, kami sudah koordinasi dengan ICRC atau bisa juga dari jalur pemerintah dengan Dubes juga (Hasil koordinasi Ditjen Pas), nanti tinggal duluan saja yang mana yah,” tuturnya.

Baca juga: DVI Polri Kembali Identifikasi 2 Jasad Korban Kebakaran Lapas Tangerang



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *