Connect with us

Nasional

Dirjen Imigrasi: Warga Tiongkok yang Masuk ke Indonesia Penuhi Aturan

Dirjen Imigrasi: Warga Tiongkok yang Masuk ke Indonesia Penuhi Aturan



Eksekutif – Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham), Jhoni Ginting, menyebut, seluruh warga negara asing (WNA) asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, sudah memenuhi aturan keimigrasian. Mereka juga memenuhi aturan perjalanan internasional pada masa pandemi Covid-19.

Aturan yang dimaksud Jhoni, yaitu Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru dan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Penyakit virus corona 2019.

“Penanganan tiap warga negara asing yang datang ke Indonesia telah mengikuti aturan Satuan Tugas Penanganan Covid. Petugas Imigrasi tidak akan memberikan izin jika para WNA tidak lulus pemeriksaan kesehatan oleh petugas,” kata Jhoni, dalam keterangannya, Sabtu (08/05/2021).

Jhoni menegaskan, bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemkes) sesuai protokol kedatangan bagi pelaku perjalanan internasional.

Setelah pemeriksaan kesehatan, petugas imigrasi juga akan memeriksa seluruh dokumen perjalanan dan dokumen keimigrasian tiap WNA yang akan masuk ke Indonesia.

Jhoni menegaskan, saat ini masih berlaku aturan pelarangan masuk bagi WNA selama masa pandemi Covid-19. Kedatangan para WNA ke Indonesia hanya diizinkan untuk tujuan esensial seperti bekerja di proyek strategis nasional dan objek vital, penyatuan keluarga, bantuan medis dan kemanusiaan, serta kru alat angkut.

”Terkait kedatangan WNA ke Indonesia, kami sampaikan bahwa mereka yang datang telah memperoleh rekomendasi dari instansi terkait dan akan bekerja di proyek strategis nasional, bukan untuk tujuan wisata,” jelasnya.

Ditekankan, hingga saat ini, pelarangan masih berlaku untuk WNA yang ingin datang dengan tujuan wisata. Pemerintah juga telah menghentikan sementara pemberian bebas visa kunjungan serta visa saat kedatangan (VOA) sejak awal Maret 2020 untuk mencegah lonjakan penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, beredar video puluhan warga negara Tiongkok yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. Kedatangan warga negara Tiongkok itu mendapat sorotan karena berbanding terbalik dengan kebijakan pemerintah yang melarang masyarakat mudik untuk merayakan Idulfitri di kampung halaman.

Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemkumham Arya Pradhana Anggakara membenarkan terdapat 85 warga negara Tiongkok yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Selasa (04/05/2021).

Angga, sapaan Arya Pradhana Anggakara mengatakan, puluhan warga Tiongkok itu mendarat di Bandara Soetta dengan menggunakan pesawat China Southern Airlines (penerbangan charter).

“Benar, pada Selasa, 4 Mei 2021, pukul 14.55 WIB telah mendarat 85 WN Tiongkok dan 3 WNI dengan pesawat China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta,” kata Angga saat dikonfirmasi, Kamis (06/05/2021).

Dijelaskan Angga, Ditjen Imigrasi telah memeriksa status keimigrasian puluhan warga Tiongkok tersebut. Tak hanya itu, katanya, puluhan warga negara asing itu juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai dengan aturan atau protokol yang berlaku.

“Secara keimigrasian, diketahui bahwa visa dan dokumen keimigrasian mereka sudah sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020,” katanya.


Photo Credit: Ilustrasi kedatangan Warga Negara Asing (WNA) di bandara Indonesia. PR/Armin Abdul Jabbar

Edo W.





Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seputar Covid-19

Teknologi

Advertisement