Connect with us

Headline

Dokter Faheem Beri 3 Tips agar Vaksinasi di Indonesia Berjalan Lancar : e-Kompas.ID Lifestyle



PEMERINTAH Indonesia kini sedang gencar-gencarkan menjalankan program vaksinasi covid-19 secara massal. Akan tetapi tidak semua bisa menerima keberadaan vaksin ini, karena masih ada yang ragu atau bahkan takut.

Terkait hal itu, dokter spesialis penyakit menular dari University of Maryland, Amerika Serikat, Faheem Younus MD, mengatakan Negeri Paman Sam sendiri saat ini lebih dari 50 persen masyarakat sudah mendapatkan vaksin covid-19.

Baca juga: Penyemprotan Disinfektan di Jalan, dr Faheem: Buang-Buang Waktu dan Uang 

Lebih lanjut kata dr Faheem, ada beberapa cara yang bisa diterapkan di Indonesia, bercermin dari Amerika Serikat, terkait program vaksinasi covid-19 agar berjalan lancar.

Pertama, harus memberikan edukasi massal mengenai vaksin covid-19. Lalu yang juga penting adalah memberikan informasi tepat bahwa memang benar ada risiko dari vaksin ini, tetapi keuntungannya jauh lebih besar.

“Kita juga perlu edukasi ke masyarakat bahwa tidak semua vaksin baik dan tidak semua buruk. Edukasi tersebut sangat penting menanggulangi keraguan akan vaksin,” kata dr Faheem saat webinar Optimis Indonesia Pulih bersama Simposium Covid-19 HF Indonesia, HF USA, dan Gusdurian Indonesia, Sabtu 17 Juli 2021.

Baca juga: Dokter Faheem Ungkap Orang yang Berisiko Tinggi Terpapar Covid-19 

Kedua, harus meningkatkan capaian vaksin covid-19 secepat mungkin. Sebab saat ini sedang kejar-kejaran dengan varian virus baru, di mana persebarannya sangat cepat dan menimbulkan korban jiwa.

“Kita harus lebih cepat, lebih unggul dari varian tersebut,” ujarnya.

Ketiga, dr Faheem mengungkapkan bahwa tempat vaksinasi covid-19 harus aman. Misalnya, tidak menimbulkan kerumunan hingga tempat yang dipakai bersih dan steril.

(han)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *