Freeport Cari Partner untuk Manfaatkan Pasir Sisa Tambang : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Bisnis

Freeport Cari Partner untuk Manfaatkan Pasir Sisa Tambang : e-Kompas.ID Economy


TIMIKA – Manajemen PT Freeport Indonesia membuka peluang kerja sama untuk memanfaatkan pasir sisa tambang atau yang populer dikenal dengan istilah tailing. Hal ini dilakukan guna mendukung pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan lainnya.

Direktur PT Freeport Indonesia Claus Wamafma di Timika mengatakan bahwa dengan mulai digunakannya pasir sisa tambang untuk mendukung pembangunan infrastruktur jalan di Provinsi Papua dan Papua Barat saat ini, maka pasir sisa tambang itu tidak lagi dianggap hanya sebagai sampah, namun memiliki nilai ekonomi yang bisa dimanfaatkan.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Wakil Menteri PUPR (John Wempi Wetipo) yang secara konsisten terus mendorong bagaimana pasir sisa tambang ini menjadi bagian dari upaya mempercepat akselerasi pembangunan infrastruktur di Papua. Beberapa kali kami sudah mengirim ke Merauke dan akan dikirim lagi ke Sorong dan tempat-tempat lainnya,” kata Claus.

Dia menyebut, PT Freeport memiliki spirit yang sama dengan pemerintah untuk memanfaatkan pasir sisa tambang yang kini diendapkan di wilayah dataran rendah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, dalam jumlah yang sangat besar untuk kepentingan mendorong kemajuan pembangunan di Bumi Cenderawasih.

Dia juga mengatakan bahwa semua menginginkan Papua lebih baik dan lebih maju. Untuk menuju ke arah sana, maka harus bekerja bersama-sama. Sebab, volume pasir sisa tambang yang ada saat ini cukup besar.

Baca Selengkapnya: Freeport Buka Peluang Pemanfaatan Pasir Sisa Tambang untuk Infrastruktur

(rzy)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *