Hadapi Dampak Pandemi, Menpan RB Himbau Pemerintah Daerah Bangun Relasi Lintas Sektor : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Hadapi Dampak Pandemi, Menpan RB Himbau Pemerintah Daerah Bangun Relasi Lintas Sektor : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengajak para kepala daerah untuk bersama-sama membangun relasi dengan berbagai pihak.

Menurutnya menjadi pemimpin yang visioner, seseorang harus pandai membangun hubungan baik dengan berbagai kolega, teman, mitra hingga para penentang sekalipun. Hubungan tersebut akan berbuah manis untuk bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Uji Strategi Daerah Menangani Pandemi, MNC Menggelar Indonesia Visionary Leader

Hal tersebut diungkapkan Menpan RB dalam sambutannya pada acara Malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader (IVL) Session VII dan VIII.

“Ini merupakan investasi yang luar biasa, karena disatu saat kita memerlukan bantuan mereka, mereka akan sukarela memberikan bantuannya kepada kita. Pola hubungan seperti ini akan sangat membantu pemimpin untuk membangun kolaborasi,” ujar Tjahjo Kumolo.

BACA JUGA: Ini 15 Kepala Daerah Peraih Apresiasi Indonesia Visionary Leaders

Tjahjo Kumolo menambahkan, Jika ada kolega yang ingin memperoleh bantuan dari para pemimpin daerah, sepanjang hal itu tidak menyalahi etika dan integritas birokrasi, maka sebaiknya berikan bantuan itu.

Selain itu Tjahjo Kumolo juga mengajak pemimpin daerah untuk dapat selalu mengatakan “mengapa tidak” untuk ide-ide yang baru. Ide-ide baru, terobosan-terobosan dalam penyelenggaraan pemerintahan pada saat ini sangat dibutuhkan.

“Dengan kemajuan teknologi yang demikian pesat, membuat sesuatu yang dulu tidak mungkin diwujudkan, saat ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan, Tentunya tantangan ini akan mendorong semua orang termotivasi untuk melakukan inovasi-inovasi,” tambahnya.

Dengan penghargaan yang diberikan pada acara IVL ini, Menpan RB berharap dapat menjadi inspirasi kepala darah lainnya untuk itu melakukan perubahan visioner demi kesejahteraan masyarakat, khususnya di situasi pandemi Covid-19 ini.

Dalam kesempatannya sekaligus Tjahjo berpesan, agar para kepala daerah menggunakan jabatan dengan amanah, yang mewariskan hal-hal baik terhadap masyarakat yang dipimpinnya.

“Tidak banyak orang memperoleh kesempatan menjadi kepala daerah, karena itu gunakanlah amanah menjadi kepala daerah dengan memberikan warisan yang baik masyakat di daerah. Agar saudara-saudara tetap dikenang sebagai kepala daerah yang menginspirasi masyarakat, kepala daerah memberikan warisan kebaikan dan masa depan yang cerah bagi masyarakat,” tuturnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *