Hukum Meminum Obat Kuat bagi Suami Menurut Syariat Islam : e-Kompas.ID Muslim - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Hukum Meminum Obat Kuat bagi Suami Menurut Syariat Islam : e-Kompas.ID Muslim



HUKUM meminum obat kuat bagi suami wajib diketahui kaum Muslimin. Tujuannya agar tidak salah atau menimbulkan dosa terkait hal ini. Lantas, bagaimana hukumnya, apakah boleh atau dilarang?

Dikutip dari nu.or.id, Selasa (11/1/2022), Syekh Abu Bakar bin Muhammad Syatha dalam kitabnya I’anatuth Thalibin menyebut hukum meminum obat kuat dengan tujuan supaya kuat dalam bersenggama dengan istri sunah selama menggunakan obat yang diperbolehkan secara medis dan dengan tujuan yang baik seperti menjaga keluarga supaya tetap romantis serta mendapatkan keturunan.

Baca juga: Hukum Melakukan Kremasi Jenazah, Ini Penjelasannya Menurut Syariat Islam 

Baca juga: Hukum Menceraikan Istri atas Perintah Orang Tua 

Selain itu, hubungan ranjang yang berkualitas dinilai menjadi salah satu faktor suami untuk kian dicintai. Sedangkan suami dianjurkan melakukan ikhtiar supaya dicintai istrinya.

ويندب التقوي له بأدوية مباحة مع رعاية القوانين الطبية ومع قصد صالح، كعفة ونسل، لأنه وسيلة لمحبوب فليكن محبوبا، وكثير من الناس يترك التقوي المذكور فيتولد من الوطئ مضار جدا.

Artinya: “Dan disunnahkan bagi lelaki menggunakan media yang bisa memperkuat tubuh dengan obat-obatan yang diperkenankan namun harus dengan memerhatikan aturan-aturan medis serta mempunyai tujuan yang baik, seperti menjaga keharmonisan keluarga dan keturunan. Karena hal tersebut merupakan media supaya lelaki tetap dicintai istrinya. Oleh karena itu sebaiknya lelaki memang dicintai istrinya. Banyak masyarakat yang tidak menggunakan obat kuat tersebut. Akhirnya senggamanya menghasilkan bahaya yang cukup besar.” (Abu Bakar bin Muhammad Syatha ad-Dimyathi, I’anatuth Thalibin, [Darul Fikr, 1997], juz 3, halaman 316)

Kesimpulan dari penjelasan tersebut adalah (1) Boleh menggunakan obat kuat selama tidak bertentangan dengan aturan medis atau menimbulkan mudarat secara kesehatan; (2) Bagi laki-laki sebaiknya mencari cara yang dihalalkan syara’ supaya tetap dicintai istrinya.

Wallahu a’lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur’an di e-Kompas.ID.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *