Inilah Riwayat Pendidikan Anies Baswedan dari SD hingga S3 : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Inilah Riwayat Pendidikan Anies Baswedan dari SD hingga S3 : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA- Riwayat pendidikan Anies Baswedan dari SD hingga S3 kerap mencuri perhatian khalayak luas. Pasalnya, mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini dikabarkan akan melangkah menjadi calon presiden RI.

Dilihat dari riwayat pendidikannya, Anies Baswedan tentu sudah tidak diragukan lagi. Mengingat mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesai periode 2014-2016 ini merupakan anak dari seorang pendidik.

Lantas, seperti apa riwayat pendidikan Anies Baswedan dari SD hingga S3? Simak informasinya berikut ini.

Anies Baswedan lahir pada 7 Mei 1969 di Kuningan, Jawa Barat. Ia merupakan anak dari Rasyid Baswedan yang berprofesi sebagai dosen Fakultas Ekonomi di Universitas Islam Indonesia (UII) dan Aliyah Rasyid Baswedan, yang merupakan dosen dan guru besar emeritus di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).



Follow Berita e-Kompas.ID di Google News

Anies juga merupakan cucu dari Abdurrahman Baswedan atau dikenal dengan nama AR Baswedan. Kakek Anies tersebut merupakan pahlawan nasional yang dikenal sebagai seorang nasionalis, jurnalis, pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, mubaligh, dan sastrawan Indonesia.

Meski lahir di Kuningan, Jawa Barat, anak sulung dari tiga bersaudara ini sejak kecil tinggal di Yogyakarta. Perjalanan pendidikan yang ditekuni oleh Anies cukup panjang. Ketika usianya masih kecil, ia dikenal sebagai anak yang mudah bergaul dan punya banyak teman.

Anies memulai pendidikannya pada usia 5 tahun di TK Masjid Syuhada, Yogyakarta. Lalu pada usia 6 tahun ia masuk ke SD Negeri Percobaan 2 yang berlokasi di Kabupaten Sleman.

Jenjang sekolah dasar pun terlewati dan Anies remaja melanjutkan jenjang sekolahnya di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Selama duduk di bangku SMP, Anies aktif sebagai anggota OSIS dengan menjabat sebagai pengurus bidang Hubungan Masyarakat.

Sejak kecil, Anies sudah memiliki bakat sebagai organisator. Hal ini terlihat ketika usianya menginjak 12 tahun, ia berinisiatif untuk membentuk kelompok “Kelabang” atau Klub Anak Berkembang yang bertujuan untuk mengadakan berbagai kegiatan olahraga dan kesenian di kampungnya.

Setelah lulus, Anies lalu melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 2 Yogyakarta. Saat di SMA pun Anies aktif dalam organisasi dan kepelatihan. Ia bahkan sempat menjadi Wakil Ketua OSIS dan terpilih mengikuti pelatihan kepemimpinan bersama tiga ratus orang ketua OSIS di seluruh Indonesia pada 1985.

Lalu pada 1987 ia terpilih untuk menjadi salah satu siswa di pertukaran pelajar AFS di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat.

Setelah lulus dari SMA, Anies sempat menjajal bidang jurnalistik dan berkuliah di Universitas Gajah Mada Fakultas Ekonomi. Saat menempuh pendidikan S1, Anies mendapatkan beasiswa JAL Foundation untuk berkuliah di Sophia University, Tokyo, selama musim panas.

Anies pun kemudian melanjutkan pendidikannya di jenjang S2 pada 1998. Ia mengambil studi Master of Public Management, Universitas Maryland, Amerika Serikat.

Demikian juga dengan pendidikan S3nya yang ia tempuh di Northen Illinois University, Amerika, pada 2004 silam.

Itulah informasi mengenai Riwayat Pendidikan Anies Baswedan dari SD hingga S3.

(RIN)

 



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

- Advertisement -
e-Kompas.ID

Categories