Istilah Heading dalam Permainan Sepak Bola dan Penjelasannya : e-Kompas.ID Bola - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Istilah Heading dalam Permainan Sepak Bola dan Penjelasannya : e-Kompas.ID Bola


ISTILAH heading dalam permainan sepak bola penting unuk diketahui. Sebab, dengan memahami istilah heading dan lainnya, permainan sepak bola yang dilakukan setiap individu bisa berjalan jauh lebih menarik dan seru.

Sepak bola sendiri memang diketahui telah menjadi salah satu olahraga paling favorit di dunia. Tak ayal, sederet pertandingan sepak bola selalu ramai disaksikan penonton, terlebih jika dilakoni nama-nama besar seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Istilah heading dalam permainan sepak bola

(Cristiano Ronaldo kala berlaga. Foto: Reuters)

BACA JUGA: 5 Tujuan Permainan Sepak Bola, Apa Saja?

Dengan kondisi ini, tak heran jika beragam hal di dunia sepak bola selalu menarik untuk diketahui lebih jauh. Kali ini, mari bersama-sama memahami istilah heading. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut penjelasan dari istilah heading dalam sepak bola.

BACA JUGA: Profil Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia

Pengertian Heading

Heading biasa juga disebut dengan sundulan. Ini adalah teknik yang digunakan dalam sepak bola untuk mengontrol laju bola dengan menggunakan kepala.

Istilah heading dalam permainan sepak bola

(Kai Havertz kala melakukan sundulan. Foto: Reuters)

Heading dilakukan untuk mengoper, menembak, atau menghalau bola yang datang mengancam lini pertahanan. Teknik ini bisa dilakukan dengan posisi berdiri atau melompat.

Fungsi Heading

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, teknik heading memiliki beragam fungsi dalam sepak bola. Salah satunya adalah untuk menciptakan gol.

Ya, secara umum, seorang penyerang bisa menggunakan teknik heading atau sundulan ini untuk mencetak gol. Sebagian besar gol yang tercipta dari sundulan ini dicetak dari umpan silang atau tendangan sudut.

Biasanya playmaker akan mengoper bola melintasi gawang di udara, dan pemain penyerang (akan menyambut bola dengan kepalanya. Dengan begitu, bola bisa bersarang tepat ke gawang.

Selain gol, fungsi lainnya dari heading adalah menghalau laju bola yang mengancam. Ya, pemain bertahan biasanya menggunakan sundulan untuk mencegah terciptanya gol oleh lawan.

Istilah heading dalam permainan sepak bola

(Romelu Lukaku. Foto: Reuters)

Sundulan bisa menjadi satu-satunya pilihan saat bola melambung udara. Sebab, aturan di sepak bola melarang pemain melakukan kontak dengan bola menggunakan tangan mereka.

Nama-nama pemain seperti Cristiano Ronaldo, Didier Drogba, Alvaro Morata, Harry Kane, Olivier Giroud, Gareth Bale, Sergio Ramos, Giorgio Chiellini, dan masih banyak lagi lainnya dikenal memiliki kemampuan apik dalam menerapkan teknik heading. Tak ayal, kehadiran mereka selalu menjadi ancaman bagi para rivalnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *