Jangan Jadi Pilot Kalau Enggak Mau Pusing, Begini Persiapannya Sebelum Terbang : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Jangan Jadi Pilot Kalau Enggak Mau Pusing, Begini Persiapannya Sebelum Terbang : e-Kompas.ID Travel


PROFESI pilot memang banyak menjadi impian bagi banyak orang, apalagi mereka yang sangat tertarik dengan dunia penerbangan. Tentu saja tidak mudah menuju ini semua, dibutuhkan proses yang panjang.

Menjadi kapten pesawat memiliki wewenang penuh terhadap seluruh hal yang berhubungan dengan pesawat, dan menjadi tanggung jawabnya saat mengudara nanti.

Berbekal pengalaman dan kemampuan, menerbangkan pesawat menjadi sebuah prestasi yang diakui, baik institusi maupun akademis.

Selain bertugas menerbangkan pesawat, pilot juga melakukan berbagai pengecekan seluruh badan pesawat sebelum lepas landas.

Seperti yang dibagikan dalam unggahan video TikTok @rizkatleihitu, seorang kapten pilot maskapai nasional. Video itu menunjukkan sang pilot Captain Rizka tengah berkeliling melakukan pengecekan terhadap pesawat jumbo Airbus A330-200 sebelum terbang.

Pengecekan kondisi pesawat sebelum terbang ini terlebih dahulu dilakukan oleh teknisi pesawat. Meski begitu, pilot akan kembali mengulangnya untuk memastikan pesawat dalam kondisi siap dan aman untuk diterbangkan.

Baca juga: Curhat Co-Pilot Hadapi Captain Songong, Pernah Ngajak Ribut di Ruang Kokpit

Persiapan Pesawat Sebelum Terbang

(Foto: TikTok/@rizkatleihitu)

Selama proses pengecekan pesawat ini, Capt Rizka mengambil video ini dengan mode pesawat (airplane mode) karena ketika pesawat sedang diisi bahan bakar, ponsel harus dalam keadaan mati.

Mula-mula mengecek roda bagian depan pesawat, hidung pesawat, mesin sebelah kanan, dan dilanjutkan ke sayap sebelah kanan. Kemudian mengecek roda bagian kanan pesawat dan ekor pesawat.

Di bagian ekor pesawat ini terdapat Auxilliary Power Unit (APU), mesin tambahan di ekor pesawat yang menghasilkan listrik dan AC ketika mesin pesawat mati.

Lalu Capt Rizka melakukan pengecekan di bagian roda utama pesawat sebelah kiri, knalpot pesawat, dan sayap sebelah kiri.

Selanjutnya mesin sebelah kiri, tampak dalam video mesin ini sedang berputar. Ternyata bukan karena mesin yang menyala, melainkan terkena putaran angin.

Dan sampai di pengecekan yang terakhir, yaitu badan pesawat bagian depan. Tahap-tahap pengecekan ini termasuk syarat penting dari tiap maskapai penerbangan.

Baca juga: Pilot Harus Bertitel Sarjana, Ternyata Ini Lho Alasannya

Atas unggahan video ini, banyak dari mereka yang merasa sangat informatif. Beragam komentar pun turut diberikan.

“Terima kasih informasinya, tambah ilmu deh 🙏,” tulis @widyasinta6.

“Informatif banget. Thank you capt, safe flight selalu.” tulis @janlupabersyukuryaw di kolom komentar.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *