Jumlah Pemain Bola Kasti Masing-Masing Tim : e-Kompas.ID Sports - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Jumlah Pemain Bola Kasti Masing-Masing Tim : e-Kompas.ID Sports


JUMLAH pemain bola kasti masing-masing tim telah diatur untuk membuat permainan mudah dikelola dan adil. Untuk memainkan olahraga ini, harus ada 12 orang di dalam setiap tim.

Secara keseluruhan olahraga kasti membutuhkan setidaknya 18 orang. Namun, 6 lainnya bertindak sebagai pemain cadangan.

Tugas pemain bola kasti terbagi atas memukul, melempar, dan menangkap bola. Satu pemain diberi tugas sebagai kapten.

Pemukul bola

Sesuai namanya, pemain ini bertugas untuk memukul bola yang dilempar oleh pemain yang bertugas melempar bola. Pemukul bola harus memiliki kearutan yang baik saat menerima bola.

Foto/Kemendikbud

(Pemukul bola kasti)

Selalin itu, pemukul bola sebisa mungkin harus memukul bola secara tepat dan kencang agar bola melesat jauh dan sulit ditangkap oleh tim lawan. Jika bola tidak berhasil ditangkap, pemuluk akan lebih mudah mengitari base dan mencetak poin untuk timnya.

Baca juga: 5 Jenis Permainan Olahraga Bola Kecil

Pelempar bola

Pelempar bola merupakan pemain penting dalam kasti dari awal permainan. Lemparannya harus sesuai dengan keinginan pemukul agar bola yang dilemparkannya mudah dipukul dan membuat bola sulit ditangkap lawan.

Ada dua dasar lemparan bola dalam kasti. Pertama lemparan lambung, yaitu pelempar membuat bola melempar bola ke atas. Sementara yang kedua adalah lemparan datar, yaitu membuat bola mengarah ke pemukul secara mendatar.

Lemparan lambung lebih mudah bagi pemula, hanya saja bola hasil pukulannya kurang baik. Sedangkan bola datar bila terkena pemukul, akan membuat bola sulit ditangkap. Hanya saja bola lempara datar sulit untuk dipukul.

Tim penjaga

Tim ini bertugas menangkap bola yang dipukul oleh pemain lawan. Setelah berhasil, bola akan dilemparkan ke arah badan dari tim pemukul saat mereka mengitari tempat pemberhentian.

Foto/Kemendikbud

(Ada 6 pemain dalam tiap tim bola kasti)

Penangkap bola

Bagian dari tim penjaga adalah para penangkap bola. Tim ini akan berusaha keras menangkap bola yang dipukul oleh tim lawan.

Penangkap bola harus sigap dan cepat menangkap bola. Pasalnya, semakin bola ditangkap, akan mudah untuk melempatkan ke arah pemukul dari tim lawan.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *