Connect with us

Headline

Kakorlantas Sebut Penyekatan Turunkan 74% Pemudik ke Jawa : e-Kompas.ID Nasional

Kakorlantas Sebut Penyekatan Turunkan 74% Pemudik ke Jawa : e-Kompas.ID



JAKARTAKepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Polisi Istiono menyebut penyekatan pemudik dalam Operasi ketupat Jaya efektif menurunkan jumlah warga yang ingin ke kampung halaman saat Hari Raya Idul Fitri 1442 H atau Lebaran 2021.

Dia mengatakan larangan mudik yang ditetapkan pemerintah telah menurunkan 74% pemudik yang ingin mudik ke kampung halamannya.

“Analisis dan evaluasi selama 8 hari Operasi Ketupat 2021, volume arus mudik kemarin turun yang menuju Jawa lebih kurang 74 persen, yang menuju Jawa Barat turun 100 persen, menuju Merak turun 45 persen,” kata Istiono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Istiono mengatakan bahwa data analisis dari Kementerian Perhubungan sempat memperkirakan 23 juta orang akan mudik. Namun, dari data terakhir yang diterimanya dari Kementerian Perhubungan hanya sebanyak 1,5 juta orang yang keluar wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Loloskan Pemudik di Perbatasan Bekasi, Begini Penjelasan Kakorlantas

Kakorlantas mengungkap efektivitas sosialisasi peniadaan mudik pada saat operasi keselamatan, 24 April sampai 5 Mei. Selain itu, penyekatan di 381 titik juga dinilai sebagai upaya pencegahan yang berjalan maksimal.

Baca juga: Polisi Putar Balik Wisatawan Luar Daerah yang Hendak ke Pantai Anyer

“Ini artinya kesadaran masyarakat sudah bagus dan langkah-langkah tindakan untuk melakukan pencegahan, baik melalui sosialisasi maupun langkah penyekatan di lapangan, sangat efektif untuk dilakukan,” ujarnya.

Diketahui bahwa Korlantas Polri menyiapkan 381 titik penyekatan untuk mendukung kebijakan peniadaan mudik pada tanggal 6—17 Mei 2021. Polda Metro Jaya telah mengakhiri penyekatan mudik pada mala ini. Kini, Korlantas Polri fokus pada pengamanan arus balik Lebaran 2021.

(fkh)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seputar Covid-19

Teknologi

Advertisement