Connect with us

Headline

Kemensos Segera Proses Bantuan untuk 5,9 Juta Keluarga Penerima Manfaat Usulan Daerah : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA – Kementerian Sosial (Kemensos) menambah program bantuan untuk 5,9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atas usulan pemerintah daerah dengan alokasi anggaran sebesar Rp7,08 triliun. Penerima manfaat akan diberikan bantuan senilai Rp.200 ribu/KPM selama Juli-Desember 2021.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan bantuan untuk 5,9 juta ini akan segera diproses melalui skema BPNT/Kartu Sembako dan diambil melalui Himbara.

“Yang tambahan 5,9 juta masih diusulkan, baru diputuskan Minggu kemarin jadi kita usulkan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) setelah itu baru direalisasikan, tapi saya usahakan Juli ini bisa cair,” papar Mensos, Rabu,(22/07/2021).

Baca Juga: Kemensos Kirimkan Bantuan Rp1,7 Miliar untuk Korban Gempa Sulbar, Ini Rinciannya

Ia menambahkan bantuan tersebut masih terkendala dalam mekanisme administrasi dimana pihak bank yang dituju membutuhkan proses sekitar satu bulan dalam menyiapkan kartu sembako tersebut.

“Yang 5,9 itu tidak mudah juga administrasinya karena sebetulnya dia (Himbara) butuh 1 bulan, karena harus ada kartu ATM, KTP, KK dll. Kemarin kita menawar butuh satu minggu mudah-mudahan bisa bahkan kita sudah komunikasi dengan OJK dan BI,” urai Mensos.

Risma menuturkan, jika pencariannya tidak dapat dilakukan melalui mekanisme kartu maka akan di lanjutkan menggunakan kartu elektronik.

“Karena itu kemudian kita komunikasi dengan BI dan OJK supaya bank bisa membuat kartu elektronik supaya lebih cepat tidak perlu mencetak kartu. Jadi mekanismenya bukan hanya di kami saja tapi ada mekanisme di bank yang cukup membutuhkan waktu juga,” jelasnya.

(saz)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *