Ketua MES Racik Model Bisnis Keuangan Syariah agar Tak Ketinggalan : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Ketua MES Racik Model Bisnis Keuangan Syariah agar Tak Ketinggalan : e-Kompas.ID Economy


JAKARTA – Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Wimboh Santoso mengatakan akan memberikan sentuhan diferensiasi model bisnis/produk syariah yang saat ini masih terbatas sehingga diperlukan inovasi dan kreativitas pelaku industri jasa keuangan syariah, kemudian dibutuhkan peningkatan adopsi teknologi.

“Ini mengikuti perkembangan teknologi yang semakin cepat dan dinamis, serta perlunya SDM dengan ekspertis di bidang ekonomi dan keuangan syariah untuk mengikuti berbagai dinamika dan perubahan kondisi perekonomian maupun teknologi,” kata Wimboh di Jakarta, Sabtu (23/1/2021).

Wimboh meminta kepada semua anggota MES untuk meningkatkan kegiatan dan program kerja yang bermanfaat dan efektif dalam rangka peningkatan kontribusi ekonomi dan keuangan syariah dalam mendukung perekonomian nasional.

Baca Juga: Keuangan Syariah Lebih Hebat dari Konvensional Selama Covid-19 

Peran MES antara lain harus terus ditingkatkan dengan memberikan kontribusi langsung pada pemberdayaan umat dalam pendirian dan pengembangan BWM, mendukung upaya peningkatan kapasitas industri keuangan syariah seperti merger bank syariah milik negara.

Selain itu, kontribusi MES bisa dilakukan dengan aktif mendorong perkembangan ekonomi digital dan teknologi finansial syariah sebagai platform yang diharapkan dapat banyak membantu program-program pemberdayaan umat, terutama para pelaku UMKM.

“MES juga bisa berperan meningkatkan kapasitas SDM insani ekonomi dan keuangan Syariah antara lain melalui pelatihan dan sertifikasi profesi, E-Learning Ekonomi Syariah, serta pemberian beasiswa ekonomi Syariah.

Riset ekonomi syariah juga harus diperbanyak melalui pembentukan tim atau grup riset MES untuk menghasilkan riset ekonomi dan keuangan Syariah yang berkualitas dan diakui internasional,” tandasnya.

MES juga perlu memperluas jaringan dan meningkatkan peran MES di kancah global melalui pembentukan Pengurus Wilayah Khusus MES di berbagai negara dan menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga internasional.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *