Kisah Hamengku Buwono IX, Si Raja Santun yang Diyakini Penuh Hal Mistis dan Misterius : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Kisah Hamengku Buwono IX, Si Raja Santun yang Diyakini Penuh Hal Mistis dan Misterius : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA – Banyak kalangan meyakini berbagai hal mistis dan misterius pernah dialami oleh Raja di YogyakartaSultan Hamengku Buwono IX.

Semasa hidupnya Sri Sultan Hamengku Buwono IX dikenal sebagai raja yang santun, tegas, hingga cerdas. Dia juga dinilai sangat paham dengan kondisi rakyatnya.

Dikenal dengan nama Gusti Raden Mas Dorojatun dan lahir lahir pada 12 April 1912, sang raja Jawa memang tak pernah mau bicara tentang pengalaman mistis tersebut.

BACA JUGA: Wisatawan Serbu Yogyakarta, Sri Sultan HB X Minta Masyarakat Tidak Ngeluh Soal Kemacetan

“Tapi orang lain menyaksikan banyak kejadian di luar nalar yang berkaitan dengan Dorodjatun,” demikian dilansir dari konten Youtube @katabijakdankisahtela, Senin (30/1/2023).

BACA JUGA: Jokowi Lantik Sultan Hamengkubuwono X Sebagai Gubernur DIY

Menurut tayangan itu, salah satu kejadian di luar nalar yakni saat sejumlah warga melihat Dorojatun di Parangkusumo. Setidaknya lebih dari tiga orang warga desa dekat Parangkusumo menjadi saksi dalam peristiwa mistis nan gaib itu.



Follow Berita e-Kompas.ID di Google News

Alkisah, suatu waktu, warga melihat Raja Yogya itu mengendarai mobil merah tanpa kap di pantai. Setelah mengitari bibir pantai beberapa kali, Sultan mengarahkan mobilnya ke laut. Dan siapa menyangka ternyata bus Sultan masuk ke laut selatan. Namun, warga kemudian tak melihat Sultan muncul lagi ke daratan.

 BACA SELENGKAPNYA: Saat Hamengku Buwono IX Kendarai Mobil Merah Lalu Masuk ke Laut Selatan



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 e-Kompas.ID