Kontak Tembak di Papua Terjadi karena KKB Menyerang Polisi : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Kontak Tembak di Papua Terjadi karena KKB Menyerang Polisi : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA – Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang terjadi di wilayah Papua beberapa hari terakhir terjadi lantaran aparat yang bertugas diserang terlebih dahulu.

“Kontak senjata yang terjadi aparat kepolisian itu posisinya diserang, tentu terjadinya kontak tembak karena situasi aparat kita,” ujar Ramadhan kepada wartawan, Jumat (17/12/2021).

Ramadhan menyebut, bahwa pihaknya mengedepankan upaya preemtif dan preventif dalam bertugas di Bumi Cenderawasih. Dia menuturkan bahwa Polri bertugas di wilayah Papua bukan untuk memerangi KKB. Kendati demikian, apabila terjadi serangan yang diberikan, maka kepolisian perlu untuk melindungi diri.

“Kontak tembak itu sebagai wujud perlindungan diri. Bukan untuk menyerang, anggota kami tidak menyerang,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ramadhan membeberkan bahwa Polri merupakan pelindung dan pelayan masyarakat yang juga memiliki fungsi penegakkan hukum. Dalam konteks kekerasan di Papua, menurutnya, pihaknya dapat melakukan penindakan terhadap kelompok yang melakukan pelanggaran hukum.

“Tentu prosesnya adalah proses sesuai dengan perbuatan atau tindak pidana yang dilakukan, bukan diperangi bukan,” katanya.

Baca Juga : Aparat Geledah Lokasi yang Diduga Dijadikan Latihan Perang KKB

Sebelumnya diberitakan, kontak senjata di wilayah Papua memuncak kembali dalam sebulan terakhir ini. Kontak senjata terjadi pada 13 -14 Desember di wilayah Pegunungan Bintang.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, dalam proses penangkapan itu, aparat sempat ditembaki sebanyak 2 kali oleh KKB yang sudah dilabeli kelompok teroris tersebut.

“Sehingga tim membalas tembakan dan terjadi kontak tembak. Dari kontak tembak tersebut membuat Kelompok Kriminal Bersenjata melarikan diri ke hutan kemudian tim melanjutkan patroli menuju TKP yang berada dipuncak gunung,” ujar Kamal.

(aky)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *