KPK : Tak Semua Penyimpangan Harus Berakhir di Pengadilan : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

KPK : Tak Semua Penyimpangan Harus Berakhir di Pengadilan : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menekankan bahwa tidak semua penyimpangan atau perbuatan pidana korupsi harus berakhir di pengadilan. Menurutnya, ada beberapa penyimpangan yang bisa diselesaikan dengan sanksi.

“Tidak semua penyimpangan itu harus berakhir di pengadilan, itu prinsipnya. Kalau sudah kelewatan, saya bilang ya sudah,” kata Alex, sapaan karib Alexander Marwata lewat akun YouTube milik KPK RI, Jumat (10/12/2021).

“Kalau dari efektivitas efisiensi itu dan untuk membuat jera yang lain limpahkan ke pengadilan, tapi itu tadi prinsip efektifitas efisiensi dan kepastian hukum dan keadilan,” sambungnya.

Menurut Alex, masih ada sanksi yang bisa diterapkan terhadap para pelaku tindak pidana korupsi kelas ‘teri’ tanpa harus ke pengadilan. Sebab, biaya penanganan perkara KPK hingga ke pengadilan tergolong mahal. Hal itu tidak sebanding dengan korupsi yang dinilai kelas ‘teri’.

Baca juga: Korupsi Sangat Bertentangan dengan Hak Asasi Manusia

“Jadi bukan tidak ada sanksi buat mereka yang terbukti secara administratif itu ditentukan ada kesalahan. Kalau ada rekanan yang nakal blacklist, dua tahun engga boleh ikut lelang. pejabat yang melakukan penyimpangan nonjob, itu kan bentuk sanksi juga,” ungkapnya.

Baca juga: Dapat Instruksi Jokowi Tangkap Buronan Korupsi, Ini Langkah KPK


Mengutip pernyataan Ketua KPK Firli Bahuri, kata Alex, bahwa keberhasilan pemberantasan korupsi sebenarnya bukan hanya dihitung dari banyaknya orang yang dipenjara. Tapi, lebih ke pencegahan hingga pendidikan antikorupsi.

“Jadi ukuran keberhasilan pemberantasan korupsi bukan banyak-banyakan orang dipenjara, bukan itu tujuannya. Dan saya kira kita sepakat kedepan, akan lebih mendorong upaya-upaya pencegahan dan penguatan daerah antikorupsi untuk membangun budaya antikorupsi,” pungkasnya.

Baca juga: Firli Bahuri Heran Ada Koruptor Ditangkap KPK Bilangnya Apes



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *