Connect with us

Nasional

Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia diyakini mencapai 7%: menteri

Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia diyakini mencapai 7%: menteri


Banjarmasin, Kalimantan Selatan (ANTARA) – Petugas SAR di Kalimantan Selatan pada Sabtu terus membagikan sembako dan sembako kepada korban banjir di lima desa di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu.

“Selama tiga hari berturut-turut, kami memprioritaskan distribusi sembako dan sembako kepada para korban banjir,” kata Kepala Badan SAR Kantor Wilayah Banjarmasin Slamet Riyadi.

Banjir bandang yang dipicu hujan lebat pada Rabu kemarin terus merendam sejumlah rumah di Desa Sejahtera Mulia, Jombang, Sinar Bulan, Sungai Danau, dan Satui Barat.

Banjir yang mencapai ketinggian antara satu meter hingga 1,5 meter itu berdampak pada sekitar 3.421 rumah tangga atau 11.558 warga, kata Riyadi, seraya menambahkan bahwa beberapa dari mereka mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Pihak berwenang setempat telah membangun tempat penampungan sementara di gedung sekolah menengah pertama di Desa Sinar Bulan dan balai komunitas di Desa Sungai Danau untuk para pengungsi.

Riyadi mencatat, beberapa warga tinggal di rumah berlantai dua dan tidak mengindahkan anjuran tim penyelamat untuk berlindung di tempat yang lebih aman.

Berbagai wilayah di Indonesia rawan bencana alam. Dalam dua bulan awal tahun 2021, beberapa bencana hidrologi melanda pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Di Pulau Jawa, bencana longsor pernah melanda Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Pada tanggal 6 Februari, banjir bandang menggenangi kawasan Kota Lama (Kota Lama) Semarang dan beberapa wilayah lain di ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini.

Pemerintah Indonesia mengaitkan curah hujan ekstrim dan banjir rob dengan banjir bandang yang menenggelamkan Kota Semarang.

Sedangkan di Pulau Sumatera, banjir bandang dan longsor merusak tujuh rumah dan merusak jembatan di Desa Wih Ni Durin, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, menyusul gencarnya hujan deras di kawasan dataran tinggi Gayo.

Di Pulau Kalimantan, banjir besar dan tanah longsor juga melanda beberapa wilayah Provinsi Kalimantan Selatan menyusul hujan lebat yang tak henti-hentinya pada 12 Januari 2021.

Banjir melanda kabupaten Banjar, Tapin, Tabalong, Balangan, dan Hulu Sungai Tengah serta kota Tanah Laut dan Banjar Baru.

Banjir besar yang dipicu oleh hujan lebat yang tiada henti, dilaporkan merenggut 15 nyawa, menggenangi 24.379 rumah, dan membuat 39.549 orang mengungsi.

Berita Terkait: Banjir yang dipicu hujan deras menenggelamkan 14 desa di Aceh Barat

Berita Terkait: Lima kabupaten di empat provinsi dilanda banjir, longsor: BNPB

Menutup
DIEDIT OLEH INE





Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seputar Covid-19

Teknologi

Advertisement