Masih Perlukah Gunakan Masker di Dalam Ruangan? Ketua Satgas Covid-19 IDI: Tetap Pakai! : e-Kompas.ID health - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Masih Perlukah Gunakan Masker di Dalam Ruangan? Ketua Satgas Covid-19 IDI: Tetap Pakai! : e-Kompas.ID health


ATURAN pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia sudah dicabut resmi oleh pemerintah, dengan melihat situasi pandemi Covid-19 di dalam negeri yang dinilai terkendali.

Sehubungan dengan revisi terkait aturan PPKM, mungkin sebagian masyarakat bertanya-tanya dan bingung soal pemakaian masker. Terutama pemakaian masker di dalam ruangan tertutup (indoor). Jika ditelisik dari kacamata medis, sudah bolehkah melepas atau tak memakai masker jika berada di dalam ruangan tertutup (indoor)?

Soal pemakaian masker, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K), menyerukan bahwa penggunaan masker sudah seharusnya tetap digunakan sekalipun di dalam ruangan, dengan merujuk pada jika di ruangan tersebut tidak ada ventilasi yang baik.

“Penggunaan masker dalam ruangan tertutup tidak ada ventilasi, sebaiknya tetap dipakai (masker),” kata dr. Erlina dalam Media Briefing secara daring bersama IDI, Rabu (25/1/2023).



Follow Berita e-Kompas.ID di Google News

Namun ada pengecualian, masker boleh tak dipakai jika ruangan tertutup tersebut memiliki sistem ventilasi yang baik dan tidak banyak orang berada di dalamnya.

“Tetapi kalau di dalam ruangan ventilasinya bagus dan orangnya tidak banyak, saya rasa kita sudah bisa tidak menggunakan masker,” jelas dr. Erlina lagi.

Meski demikian, tidak hanya di dalam ruangan tertutup, masyarakat juga diimbau untuk patuh memakai masker walau berada di ruang terbuka (outdoor). Jika memang lokasi tersebut padat dengan orang

“Meskipun PPKM dicabut, artinya aktivitas ekonomi dan mobilisasi tetap berjalan. Kalau ada keramaian tetap dianjurkan menggunakan masker,” tutup dr. Erlina singkat

 BACA JUGA:Berhubungankah Gizi Buruk dengan Penyakit Campak? Ini Kata Dokter Giz

iBACA JUGA:Dinkes DKI: Kasus Campak di Jakarta Tahun 2023 Masih Nihil



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

- Advertisement -
e-Kompas.ID

Categories