Mau Wisata DiIndonesiaAja? Jangan Lupa Vaksin, Ya! : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Mau Wisata DiIndonesiaAja? Jangan Lupa Vaksin, Ya! : e-Kompas.ID Travel


Mengunjungi lokasi wisata #DiIndonesiaAja tentu akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Pemerintah saat ini tengah berupaya membangkitkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), sebagai upaya menstabilkan perekonomian nasional. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengupayakan agar sektor pariwisata dapat dibuka kembali dengan berbagai persyaratan.

Salah satu yang menjadi persyaratan bagi pengunjung untuk berwisata, yaitu wajib menunjukkan sertifikat vaksin. Pengunjung bisa menunjukkan sertifikat vaksin secara digital dari handphone atau bisa juga yang sudah dicetak.

Jadi jangan lupa siapkan kartu vaksin Anda ketika berwisata nanti, ya! Tunggu apalagi? Segera lakukan vaksinasi dengan berbagai pilihan vaksin yang sudah disediakan Pemerintah, guna membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Selain vaksin, sebagai bentuk proteksi diri saat melakukan perjalanan, jangan lupa disiplin protokol kesehatan 6M. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari makan bersama, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas. Berikut lokasi wisata yang bisa Anda masukkan dalam bucket list nanti:

1. Danau Toba

 

Foto: Instagram @bukitholbung

Berkunjung ke Sumatera Utara tidak akan lengkap bila tak mengunjungi Danau Toba. Untuk menyaksikan keindahan Danau Toba, Anda bisa melangkahkan kaki ke perbukitan di sekitar Danau Toba.

Ya, dari Bukit Holbung Anda bisa menikmati keindahan Danau Toba dengan sensasi ketinggian. Bukit Holbung terletak di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Selain melihat pemandangan Danau Toba, pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbenam di sore hari dari area ini.

Saat berada di Danau Toba, Anda bisa #BeliKreatifLokal kuliner lezat, seperti Ombus-ombus yakni kudapan manis dari tepung beras khas Batak Toba, lalu Arsik merupakan ikan mas bumbu kuning yang melegenda, hingga mencicipi gurihnya santan dan bumbu andaliman dalam Mie Gomak. Buat Anda yang enggak sabaran menikmatinya, bisa langsung pesan online di @migomtak atau @arsikmammiemedan.

2. Tanjung Kelayang

Foto: Instagram @dinoayudya

Pantai Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, menyimpan pesona yang memukau. Di sini terdapat pantai berpasir putih halus dengan bentang laut yang luas. Batu-batu granit dengan ukuran besar yang menghiasi sepanjang bibir pantai, menjadi keunikan tersendiri.

Pantai luas serta tekstur pasir lembut menjadikan Tanjung Kelayang tempat yang cocok untuk berjalan kaki santai atau sekadar berbaring sambil menikmati semilir angin. Mau mendapatkan pemandangan yang lebih eksotis lagi? Cobalah naik ke salah satu batu untuk melihat seluruh pemandangan Tanjung Kelayang dari ketinggian.

Untuk melengkapi liburan ke Pantai Tanjung Kelayang, nikmati juga kuliner dan oleh-oleh yang lezat dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku usaha lokal, seperti Nasi Tim Ayam Belitung, Suto Belitung, Pais, Gangan, Sambalingkung, Getas Bangka, hingga Kue Rintak.

Bagi Anda yang masih merencanakan liburan ke Tanjung Kelayang, bisa coba cicipi kuliner dan oleh-oleh khas Bangka Belitung dengan pesan online di @jastip.snackbangka atau @kuerintakbuzami, ya!

Baca Juga: Objek Wisata di Indramayu Kembali Dibuka, Pengunjung Dibatasi 25%

3. Candi Borobudur

Foto: Wonderfulimage.id

Wisata ke Candi Borobudur yang berlokasi di Megelang, Jawa Tengah, tentu sudah tidak asing terdengar di telinga Anda. Ya, candi ini merupakan salah satu candi yang sudah diakui dan dinobatkan sebagai warisan dunia. Candi Borobudur merupakan cagar budaya sekaligus tempat wisata yang banyak diburu para wisatawan.

Candi Borobudur menjadi perhatian banyak para wisatawan, baik domestik hingga mancanegara. Candi ini memiliki bangunan yang unik, yaitu balok vulkanik yang tersusun rapi diberbagai sudutnya. Balok-balok yang menyusun bangunan candi ini, sama sekali tidak mengandung perekat maupun semen, hal tersebutlah yang menjadikan Candi Borobudur sangat menarik.

Selesai berwisata ke Candi Borobudur, nikmati juga kuliner lezat khas Magelang, seperti Sego Godog, Sop Senerek, Kupat Tahu, Wedang Kacang, dan Nasi Lesah. Buat Anda yang ingin menikmatinya #DiRumahAja, bisa pesan online melalui akun @jogjabikinlaper atau @senerekbuatmo. Mau yang mana? Silahkan pilih, ya!

4. Gunung Bromo

Foto: Wonderfulimage.id

Gunung Bromo menjadi salah satu ikon wisata alam di Jawa Timur. Tinggi gunung ini mencapai 2.329 mdpl. Saat ini, Gunung Bromo masuk dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini menawarkan pemandangan alam yang asri, original, dan menyegarkan jiwa.

Destinasi wisata Gunung Bromo terdiri dari beragam keindahan alam khas pegunungan. Di sini, Anda bisa melihat perbukitan yang menghijau dengan rumput sabana, mengelilingi lautan pasir yang membentang luas, hingga menikmati sunrise maupun sunset dari puncak gunung yang menakjubkan. Jangan lewatkan juga untuk menyambangi Kawah Gunung Bromo yang begitu memesona.

Rasanya tak lengkap jika melewatkan kuliner khas daerah ini. Berbagai kuliner yang bisa Anda santap, seperti Nasi Aron, Sayur Daun Leunca, Iga Bromo, Teras Bromo, serta Sawut Kabut. Selama #DiRumahAja, Anda bisa juga pesan online melalui @karinacakeandcatering atau @kedaimonmon. Rasa Bromo siap meluncur ke rumah Anda.

5. Bukit Merese Mandalika

Foto: Instagram @amsyarnaaif

Potensi wisata Mandalika, Lombok Tengah di Nusa Tenggara Barat, sangat menjanjikan, mulai dari pesona perbukitan, pantai, hingga pemandangan alam bawah laut yang memukau.

Bukit Merese adalah salah satu spot yang harus Anda kunjungi saat ke Mandalika. Bukan hanya lanskap bukitnya yang keren, pemandangan yang disajikan dari bukit ini juga menjadi salah satu daya tarik untuk menikmati keistimewaan wisata di Mandalika.

Momen terbaik berada di sini adalah saat sunset. Bayangkan, Anda melihat matahari yang perlahan tenggelam di ufuk barat dari atas bukit yang hijau, ditemani pemandangan laut yang luar biasa, serta tiupan angin yang menenangkan hati, menjadi pengalaman yang tak tertandingi.

Menikmati kuliner di sini juga tak kalah lezat, seperti Sate Bulayak, Ayam Taliwang, Sayur Ares, Ayam Rarang, Nasi Balap Puyung, hingga Plecing Kangkung. Anda bisa #BeliKreatifLokal secara online, melalui akun Instagram @nasibalappuyung_rmmataramm atau @ayamtaliwangpetarung, ya! Dengan #DiRumahAja, Anda tetap bisa menikmati sensasi Mandalika melalui ragam kulinernya.

6. Labuan Bajo

Foto: Instagram @pantaipinklombok

Buat Anda penyuka warna merah muda pas banget nih berkunjung ke Pantai Merah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu pasir pantainya yang berwarna merah muda. Selain bersantai menikmati teriknya sinar matahari khas pantai, Anda juga bisa snorkeling, lho! Seru banget kan?

Hamparan pasir merah muda yang menjadi keunikan dari pantai ini sudah terkenal hingga mancanegara. Pigmen merah muda pada pasir didapatkan dari sisa terumbu karang di sekitar pantai yang dihancurkan oleh makhluk mikroskopis. Pantai Merah di Kawasan Pulau Komodo ini memiliki lanskap unik, dengan taman karang bawah laut yang berada di perairan dangkal. Sehingga, mudah dinikmati bagi siapa saja yang berkunjung.

Kuliner khas Labuan Bajo juga tidak boleh Anda lewatkan, seperti Kolo Labuan Bajo, Sup Ikan Kuah Asam, Jagung Bose, Tumis Bunga Pepaya, hingga kopinya. Jangan lupa untuk #BeliKreatifLokal secara online di @xanderskitchen atau @labajoflorescoffee, jika tak ingin repot keluar rumah.

7. Taman Nasional Wakatobi

Foto: Instagram @visitwakatobi

Indonesia memiliki salah satu surga bawah laut paling indah di dunia? Surga bawah laut tersebut adalah Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Taman Nasional Wakatobi dikenal karena menjadi salah satu kawasan dengan jumlah terumbu karang dan spesies ikan terbanyak di dunia. Taman nasional ini tak hanya menjadi rumah yang nyaman bagi terumbu karang dan berbagai macam ikan yang hidup berkesinambungan di bawah laut saja, disini juga menawarkan 50 tempat diving yang sangat mudah diakses dari pulau-pulau besar yang ada disekitarnya. Pariwisata bahari adalah aktivitas wisata yang sudah lama dikenal dan merupakan pariwisata andalan di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi.

Berkunjung ke sini menikmati kuliner khas Wakatobi juga tidak boleh dilewatkan. Beberapa di antaranya yaitu, Ikan Parende, Kukure Khas Wakatobi, Kambalu Wakatobi, Gule-gule Wakatobi, Ikan Bakar Colo-Colo, dan Luluta Khas Wakatobi. Sudah terbayang kenikmatannya? Segera pesan secara online di @daporowaode atau @selviakitchen.

8. Wisata Bahari Likupang

Foto: Wonderfulimage.id

Obyek wisata Likupang yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara menawarkan potensi wisata bahari, dengan panorama bawah laut dan pantai yang menjanjikan untuk dinikmati.

Likupang bisa dibilang surga bagi para pencinta pantai karena pesonanya yang tiada dua. Bentang pasir putih dengan laut biru nan jernih cocok untuk dinikmati sambil snorkeling, diving, atau sekadar bermain air dan berjemur menikmati matahari tropis.

Kawasan Likupang juga didukung pondok wisata atau homestay di sejumah tempat, seperti di Desa Marinsow, Desa Pulisan, Desa Kinunang, Desa Bahoi, dan Desa Pulau Ganglho.

Kuliner Likupang yang kaya rempah juga siap memanjakan lidah, lho! Siap-siap menikmati segarnya olahan ikan dalam Bubur Manado atau Tinutuan, Cakalang Fufu, Milu Siram, Pisang Goroho Goreng Sambal Roa, Lalampa, dan Panada. Pasti bikin ketagihan deh! Anda juga bisa #BeliKreatifLokal kuliner khas Likupang secara online melalui akun pelaku usaha lokal @tinutuan_id atau @warungpanada.

9. Pulau Dodola Morotai

Foto: Instagram @morotaiindonesia

Pulau Morotai yang ada di sisi utara Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara dikenal memiliki keindahan yang menakjubkan, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada beberapa destinasi menarik yang bisa Anda temukan di sini, salah satunya Pulau Dodola.

Pulau Dodola memiliki pantai indah dan spot diving yang unik. Keindahan pulau Dodola akan terlihat saat air laut sedang surut. Saat surut, Anda akan melihat ada pasir timbul membentuk jalan yang menghubungkan Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Bila kedua pulau ini tersambung dengan baik, maka akan tampak seperti jembatan ditengah laut.

Air yang ada di pinggir pulau juga sangat jernih sehingga Anda bisa melihat aneka terumbu karang dan beragam ikan berwarna-warni hanya dengan mata telanjang. Beragam pesona keindahan tersebut, tak heran jika Pulau Dodola ini menjadi destinasi ikonik di Morotai.

Tentu kurang asyik kalau berkunjung ke sini tidak menikmati kuliner yang bikin ngiler, seperti Tuna Bakar, Nasi Jaha, Sop Konro, Gohu Ikan, hingga Halua Kacang. Beragam kuliner tersebut bisa di pesan secara online dari pengusaha lokal @siomanise atau @dapurlaurisa, ya!

10. Raja Ampat

Foto: Instagram @wisatarajaampat

Raja Ampat yang berada di Papua Barat, menyuguhkan ketenangan dan kedamaian. Suguhan alam yang ditawarkan begitu mengagumkan hingga bisa membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Bagi Anda yang gemar diving dan snorkeling, wilayah perairan Raja Ampat adalah salah satu destinasi diving terbaik di dunia. Tak hanya keindahan bawah lautnya yang luar biasa, pemandangan di atas permukaannya juga tak kalah memesona. Panorama deretan pulau-pulau batu di tengah gradasi air yang biru, terlihat sebagai keindahan surgawi.

Siapkan fisik yang kuat dan lakukan trekking ke atas puncak bukitnya untuk melihat pemandangan indah seperti ini, ya! Kurang lengkap jika hanya menikmati pemandangan alamnya saja tanpa mencicipi kuliner khas Raja Ampat, seperti Ikan Bakar Manokwari, Ikan Bungkus, Kue Lontar, Barapen Ayam, dan Sabrah Aubia. Anda juga bisa pesan online hidangan tersebut melalui akun pengusaha lokal seperti @horegpapua atau @yougwaresto, lho!

Itulah berbagai referensi lokasi wisata yang bisa Anda kunjungi setelah Anda melakukan vaksinasi dan situasi telah membaik. Tentunya dengan membawa sertifikat vaksin digital atau cetak, lalu mematuhi protokol kesehatan secara ketat, ya!

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengarahkan agar daerah-daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 hingga Level 3 bisa membuka tempat wisata secara terbatas. “Keputusannya ada di Pemerintah Kabupaten, kami memberikan arahan bahwa jika level satu sampai tiga bisa (membuka tempat wisata) secara terbatas,” jelas Sandi.

Supaya Anda lebih update informasi terbaru seputar pariwisata dan produk kreatif lokal #DiIndonesiaAja, jangan lupa follow akun Instagram @pesonaid_travel.

CM

(yao)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *