Mengenal Jurusan Statistika: Definisi, Mata Kuliah hingga Peluang Kerja : e-Kompas.ID Edukasi - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Mengenal Jurusan Statistika: Definisi, Mata Kuliah hingga Peluang Kerja : e-Kompas.ID Edukasi



JAKARTAStatistika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menabulasi, mengklasifikasi, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data yang berupa bilangan bilangan atau angka sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan atau mengambil keputusan tertentu.

(Baca juga: Kisah Inspiratif Mahasiswa yang Gagal Masuk Kampus Impian hingga Diterima UGM)

Menyadur buku Profil Jurusan Kuliah Di PTN Seri Ilmu-Ilmu Dasar, secara sederhana dapat dikatakan bahwa statistik merupakan objek, sedangkan statistika adalah serangkaian proses atau cara untuk memperoleh dan mengolah objek yang berupa data tersebut sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Ketika kita dihadapkan pada data atau informasi yang melimpah, sangat mungkin kita melakukan kesalahan dalam membuat penafsiran atau kesimpulan.

Di sinilah statistika hadir untuk memperkecil tingkat kesalahan tersebut dengan membantu mengarahkan seseorang dalam menganalisis data, mengambil kesimpulan, dan melakukan prediksi yang akurat, terpercaya, dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Dengan statistika, kita tidak perlu mempelajari seluruh objek atau populasi yang ada, melainkan cukup mengambil sebagian saja sebagai sampel, namun bisa menggambarkan keadaannya secara keseluruhan.

Berikut merupakan mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa Jurusan Statistika

Mata Kuliah Dasar

Matematika Dasar (Kalkulus), Statistika Dasar, Metode Statistika, Aljabar Linear Elementer, Algoritma dan Pemrograman, Logika dan Teori Bilangan

Mata Kuliah Lanjutan

Metode Numerik, Statistika Nonparametrik,Algoritma dan Perangkat Lunak Statistika (Komputasi Statistika), Teori Probabilitas, Analisis Real, Kalkulus Peubah Banyak, Teknik Sampling, Rancangan Percobaan, Teori Matriks Statistika, Analisis Multivariat, Analisis Regresi, Proses Stokastik, Analisis Runtun Waktu, Matematika Keuangan, Matematika Aktuaria, Pengantar Ekonomi Makro, Riset Operasi, Model Kerugian, Teori Keputusan, Metode Peramalan Statistika, Analisis Data Kategorik, Analisis Data Kuantitatif dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat beberapa prospek kerja dari Jurusan Statistika, yaitu:

Peneliti, Akademisi, Penulis Jurnalis, Lembaga Pemerintahan, Lembaga Kesehatan, Industri Keuangan, Perusahaan Swasta, BUMN, Data Scientists, Ahli Piranti Lunak, Auditor, Konsultan Swasta dan Lembaga Survei.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *