Connect with us

Nasional

Menjadi Penyelam Profesional, Bagaimana Caranya?


Penulis: Ega Krisnawati

#Writingchallenge#Inspirasidarisekitar#Negerikolaborasi

Menjadi penyelam profesional membuat Kawan dapat memiliki berbagai peluang karier yang menarik. Salah satunya, Kawan dapat menjadi penyelam komersial. Penyelam komersial merupakan penyelam yang melibatkan kontruksi bawah air, pengelasan, dan perawatan kapal.

Selain itu, Kawan juga bisa menjadi penyelam demi menjaga keselamatan banyak orang. Jenis penyelam yang seperti ini, biasanya bekerja di bawah lembaga penyelamat dan penegak hukum. Tujuannya, untuk menyelamatkan orang di lautan atau menjadi penyelam dalam penelitian.

Dikutip dari Wikihow, penyelam yang bertugas untuk sebuah penelitian akan berkontribusi pada penelitian biologi kelautan atau perlindungan lingkungan. Kendati demikian, Kawan tetap harus memiliki sertifikasi menyelam komersial agar dapat menyelam dengan aman.

Sertifikasi ini memiliki indikator lulus tes medis secara ketat. Tes medis akan dilakukan oleh seorang dokter. Dokter medis ini juga nggak sembarangan, lho, Kawan!

Mereka adalah dokter yang telah diberi mandat oleh Health and Safety Executive (HSE). Selain itu, Kawan juga harus lulus tes kesehatan setiap tahunnya sepanjang menjalani karier menyelam.

Baca JugaKupas Tuntas Tren Digital Nomad, Bekerja Sambil Liburan

Namun, Kawan tidak perlu memberikan kualifikasi akademis agar dapat mempelajari keterampilan menyelam. Tapi, untuk menjadi penyelam komersial, maka Kawan perlu memiliki keterampilan dan kualifikasi yang sesuai dengan suatu perusahaan.

Menurut laman Divers Institute of Technology, setelah lulus dari sekolah menyelam komersial, beberapa pekerjaan yang akan dilakukan oleh penyelam komersial, yaitu inspeksi, konstruksi, dan perbaikan jembatan. Kemudian, perawatan perangkat flotasi dan survei gravitasi.

Lalu, grouting, penggantian pedoman, operasi ruang hiperbarik, instalasi peralatan injeksi, dan konstruksi. Selain itu, pengoperasian, perbaikan, dan pemeliharaan sistem pendukung kehidupan.

Berbeda dengan penyelam kontruksi yang memerlukan kualifikasi dalam hal pengelasan atau pengujian non-destruktif. Sehingga dalam hal ini, mereka membutuhkan gelar dalam bidang survei atau teknik.

Sebagian besar dari mereka memiliki gelar di bidang oseanografi atau biologi kelautan polisi. Biologi kelautan polisi juga dikenal dengan penyelam angkatan bersenjata. Demikian seperti yang dikutip dari laman Ucas.

Agar dapat menjadi penyelam profesional yang dapat melakukan perjalanan ke luar negeri, Kawan perlu memiliki sertifikasi dari HSE agar bisa memperoleh kualifikasi kerja. Lantas, bagaimana cara menjadi penyelam profesional?

1. Persiapan untuk mendapatkan sertifikat

Baca Juga Simak Cara Ini Agar Kawan Tidak Kecanduan Media Sosial

Untuk mendapatkan sertifikat penyelam, Kawan perlu melakukan beberapa langkah. Pertama, memenuhi Persyaratan Kesehatan dan Pendidikan Minimum. Kawan harus berusia setidaknya 18 tahun, memiliki ijazah Sekolah Menengah Atas atau GED, keterampilan renang dan kesehatan fisik yang baik.

Sehingga, Kawan harus mendapatkan pemeriksaan fisik dari dokter sebelum mulai menyelam. Hal ini berguna untuk memastikan kondisi fisik Kawan cukup bugar saat melakukan penyelaman.

Kedua, dapatkan sertifikasi scuba Kawan. Pelatihan untuk scuba diving dibagi menjadi tiga langka. Di antaranya waktu kelas, penyelaman perairan terbatas di kolam renang, dan penyelaman perairan terbuka.

Laman Wikihow menuliskan bahwa beberapa program Scuba yang dapat menjadi rekomendasi, yaitu Asosiasi Profesional Instruktur Selam (PADI), Asosiasi Nasional Instruktur Bawah Air (NAUI), dan Sekolah Scuba Internasional (SSI). Pastikan program scuba yang Kawan miliki sudah bersertifikat Asosiasi Kontraktor Selam Internasional (ADCI).

Baca Juga Rekomendasi Tempat Aman dan Aturan Bersepeda di Perkotaan

2. Lengkapi proses pelatihan Kawan

Beberapa cara untuk melengkapi proses pelatihan. Pertama, dengan mendapatkan sertifikasi pengelasan. Sertifikat ini bisa diperoleh dari sekolah teknik, seperti di American Welding Society.

Hal ini sangat penting karena dengan banyaknya keterampilan, maka Kawan akan lebih mudah mendapatkan profesi yang diinginkan. Kedua, cari tahu tentang kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi penyelam yang profesional.

3. Melamar pekerjaan

Kawan dapat mencari tahu lowongan pekerjaan yang dibuka dengan melihat ke situs pekerjaan, seperti Indeed, Monster, dan sebagainya. Kedua, gunakan sumber daya yang telah disediakan oleh sekolah menyelam Kawan. Relasi antara perusahaan dan pencari lowongan pekerjaan penyelam profesional, dapat digunakan untuk merancang karier Kawan di masa depan.

Itulah beberapa cara yang bisa Kawan lakukan untuk menjadi penyelam profesional. Meskipun membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong, tetapi profesi ini sangat menyenangka, lho, bagi Kawan yang suka dengan air dan lautan.*

Referensi: Wikihow | Divers Institute of Technology | Ucas





Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *