Connect with us

Headline

Operasional KA Jarak Jauh Kembali Normal Pasca-Larangan Mudik tapi Syarat Diperketat : e-Kompas.ID Economy

Operasional KA Jarak Jauh Kembali Normal Pasca-Larangan Mudik tapi Syarat



JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan dengan normal kereta api jarak jauh. Hal ini dilakukan menyusul telah berakhirnya periode larangan mudik lebaran pada 6-17 Mei 2021.

Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa mengatakan, jumlah armada kereta yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir kembali normal seperti periode pandemi sebelum larangan mudik lebaran. Namun, operasional akan tetap mengacu pada ketetapan dan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Jumlah Kereta Api (KA) yang beroperasi normal seperti pada masa pandemi sebelum larangan mudik,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (18/5/2021).

Namun mengenai syarat perjalanan penumpang akan tetap diperketat. Hal ini sesuai dengan addendum Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 nomor 13 tahun 2021.

“Namun secara aturan penumpang masih tetap menerapkan pengetatan. Operasional saat ini mengacu pada ketetapan masa pengetatan perjalanan,” jelasnya.

Baca Juga: 81 Ribu Penumpang ke Luar Kota Naik Kereta saat Larangan Mudik

Surat Edaran ini mengatur pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN). Pengetatan dilakukan dari mulai H-14 peniadaan mudik periode 22 April hingga 5 Mei 2021 dan H+7 peniadaan mudik pada periode 18 Mei hingga 24 Mei 2021

Persyaratan perjalanan orang pada masa pasca larangan mudik ini hasil tes bebas covid-19 RT-PCR dan Antigen untuk persyaratan naik Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) hanya berlaku 1×24 jam. Sementara itu, hasil negatif GeNose C19 masa berlaku tetap 1×24 jam.

“Operasional masa pandemi akan selalu mengikuti semua ketetapan dari pemerintah sbg dukungan dalam hal penanganan covid,” kata Eva.

Baca Juga: Ingat! KA Jarak Jauh Bukan untuk Mudik, Ini Syarat Penumpang yang Boleh Naik Kereta



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seputar Covid-19

Teknologi

Advertisement