PAM JAYA Berikan Kompensasi kepada Pelanggan Terdampak Gangguan Suplai Air - e-Kompas.ID
Connect with us

Nasional

PAM JAYA Berikan Kompensasi kepada Pelanggan Terdampak Gangguan Suplai Air


Beritaenan.com | PAM JAYA, perusahaan penyedia layanan air minum perpipaan di DKI Jakarta, mengumumkan pemberian kompensasi kepada sekitar 21.000 pelanggan di 14 kelurahan yang terdampak akibat gangguan suplai air dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Hutan Kota, Jakarta Utara, setelah kebakaran pada 14 Agustus 2024. Selain itu, kompensasi juga diberikan kepada sekitar 200.000 pelanggan di 83 kelurahan yang terdampak kebocoran pipa air baku di Jl. Prof. Dr. Satrio, Jakarta Selatan, yang terjadi pada akhir Agustus 2024.

Kompensasi diberikan dalam bentuk pengurangan tagihan air bulan September 2024 bagi pelanggan reguler (non korporat), dengan nilai sebesar 10% atau maksimal Rp50.000,00. Pengurangan ini akan langsung tercatat dalam sistem tagihan air pelanggan, dan nilai akhir yang harus dibayarkan bisa dilihat pada tagihan bulan tersebut.

Komitmen PAM JAYA dalam Pelayanan Air Bersih

“Kami menyadari ketidaknyamanan yang dialami pelanggan akibat gangguan suplai air bersih dari IPA Hutan Kota dan kebocoran pipa air baku. Sebagai bentuk tanggung jawab, kami memberikan kompensasi untuk pelanggan terdampak. Sejak Juli 2024, kami juga telah mendistribusikan bantuan air bersih sebesar 3.660 meter kubik melalui mobil tangki ke fasilitas publik dan pelanggan yang terdampak,” ujar Syahrul Hasan, Direktur Pelayanan PAM JAYA.

IPA Hutan Kota, yang dikelola oleh PT Jakarta Utilitas Propertindo (PT JUP), memiliki kapasitas produksi air sebesar 450 liter per detik. Air yang diolah oleh IPA ini kemudian dibeli oleh PAM JAYA untuk didistribusikan ke pelanggan di 14 kelurahan di Jakarta.

Dampak Kebakaran dan Hilangnya Potensi Pendapatan

Insiden kebakaran di sekitar IPA Hutan Kota berdampak negatif terhadap operasional PAM JAYA. Syahrul memperkirakan potensi hilangnya pendapatan mencapai lebih dari Rp400 juta karena instalasi belum dapat berfungsi optimal sejak kebakaran terjadi.

“Kami terus berkoordinasi dengan PT JUP untuk menyelesaikan kendala teknis agar suplai air segera normal kembali. Kami memproyeksikan perbaikan akan selesai dan distribusi air kembali normal secara bertahap pada pertengahan September ini,” tambah Syahrul.

Waspada Penipuan Mengatasnamakan PAM JAYA

Syahrul juga mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap aksi penipuan yang mengatasnamakan PAM JAYA dengan modus konfirmasi, revisi, atau pembaruan data pelanggan. “Jika warga menemukan indikasi penipuan tersebut, segera laporkan melalui kanal resmi kami,” tegasnya.

Pelanggan dapat melaporkan keluhan melalui Contact Center LAPOR PAM di Call Center 1500 223, SMS 0816725952, WhatsApp 081212222423, atau email customercare@pamjaya.co.id.



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 e-Kompas.ID