Connect with us

Headline

Pefindo Turunkan Peringkat Utang 5 Emiten : e-Kompas.ID Economy



JAKARTA – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat 5 surat utang emiten sepanjang pandemi Covid-19.

Analis Pefindo, Niken Indriasih mengatakan bahwa secara umum yang mengalami penurunan peringkat itu datang dari sektor riil, karena sektor ini langsung terdampak oleh pola penanganan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Emiten Sari Roti Mau Buyback Saham Rp480 Miliar

”Dari 55 pemeringkatan efek di sektor riil terdapat lima di antaranya yang mengalami penurunan peringkat. Karena kami melihat adanya peningkatan risiko,”ujarnya di Jakarta, seperti dikutip Harian Neraca, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Mahaka Media, Emiten Erick Thohir Bakal Rights Issue

Adapun emiten yang mengalami penurunan peringkat, adalah; PT Barata Indonesia menjadi idSD atau gagal bayar terbatas dari idCCC dengan prospek negatif. Kemudian, PT Pabrik Gula Rajawali I menjadi idBBB- dengan prospek negatif dari diBBB+ dengan prospek negatif. Berikutnya, PT Tridomain Perfomance Material Tbk (TDPM) menjadi idSD atau gagal bayar terbatas dari idCCCC dengan prospek negatif.

Selanjutnya, Perusahaan Umum Perikanan Indonesia menjadi idBB dengan prospek negatif dari idBB+ dengan prospek negatif. Selain itu, PT Angkasa Pura I turun menjadi idAA+ dengan prospek negatif dari idAAA negatif.

Hal senada juga dialami PT Angkasa Pura II yang turun peringkat menjadi idAA+ dengan prospek negatif dari sebelumnya idAAA dengan prospek negatif.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *