Peluang Bisnis Hari Valentine, Jual Rangkaian Bunga secara Online : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Bisnis

Peluang Bisnis Hari Valentine, Jual Rangkaian Bunga secara Online : e-Kompas.ID Economy


JAKARTA – Hari kasih Sayang atau Valentine bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Pasalnya setiap 14 Februari, orang-orang di seluruh dunia termasuk Indonesia ikut merayakan Valentine.

Mendekati hari Valentine, banyak orang mulai menyiapkan hadiah spesial yang akan diberikan kepada orang-orang tercintanya. Salah satu hadiah Valentine yang sering diberikan adalah bunga. Pasalnya, bunga merupakan salah satu simbol cinta dan kasih sayang.

Mengutip buku berjudul 99 BISNIS MODAL Rp 10 JUTA karya Indah Ratnaningsih, Nurul Hidayati, Sabtu (13/2/2021), tradisi memberikan rangkaian bunga sebagai hadiah tidak pernah surut. Apalagi pada hari-hari spesial seperti Valentine.

Baca Juga: Takut Rugi, Pedagang Enggak Jual Pernak-pernik Imlek

Momen Valentine bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Mengkreasikan bunga, misalnya menjadi bucket yang unik, kreatif, dan berbeda yang lainnya, dapat memberikan keuntungan yang besar.

Menjalankan bisnis ini dengan sistem online bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengingat semakin terbatasnya waktu orang untuk pergi ke toko bunga, terlebih pada kondisi pandemi seperti saat ini.

Berminat menjalankan bisnis rangkaian bunga untuk hari Valentine? Ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Simak cara-cara memulainya berikut ini.

1. Mempunyai alat-alat merangkal yang lengkap. Hal ini penting karena akan menunjang efektivitas kerja.

Baca Juga: Bisnis yang Cuan di Tahun Kerbau Logam

2. Mempersiapkan website sebagai toko online. Jika modalnya terbatas, dapat juga menggunakan media sosial seperti Instagram. Isi website atau sosial media tersebut dengan berbagai contoh hasil rangkaian yang pernah dibuat. Sertakan juga nomor telepon untuk pemesanan. Buatlah nama yang mudah diingat.

3. Mencari pemasok bunga dan bahan-bahan lainnya. Cari pemasok bunga, pita, dan bahan lainnya, yang murah namun kulitasnya baik.

4. Jika enggan membayar karyawan untuk mengirimkan rangkaian bunga ke alamat pemesan, bekerja samalah dengan perusahaan jasa pengiriman. Namun, jika pesanan banyak, mau tidak mau harus mempunyai pegawai yang mengantarkan pesanan tersebut.

Selain itu, diperlukan juga strategi untuk menarik pelanggan agar membeli rangkaian bunga yang dijual. Sebagai promosi awal, berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan.

1. Sering-seringlah ke pameran bunga dan membag-bagikan kartu nama kepada para pengunjungnya.

2. Berpromosi lewat event pameran indutri kreatif.

3. Berikan diskon kepada pelanggan. Tujuannya tentu agar mereka puas dan mau menjadi pelanggan setia.

4. Berikanlah bunga hasil rangkaian sebagai hadiah kepada teman atau rekan lainnya. Kemudian sisipkan kartu nama selain kartu ucapan.

5. Memanfaatkan situasi, misalnya saat hari raya atau Valentine.

6. Perluaslah jaringan sampai ke luar negeri. Caranya bisa dengan menggunakan bahasa inggris pada website atau sosial media tempat berjualan rangkaian bunga.

7. Selalu meningkatkan skill dengan membaca dan memerhatikan tren yang sedang berkembang.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *