Pembentukan Satgas Fasilitas Publik Upaya Melindungi Masyarakat Saat Beraktivitas – Berita Terkini - e-Kompas.ID
Connect with us

Covid-19

Pembentukan Satgas Fasilitas Publik Upaya Melindungi Masyarakat Saat Beraktivitas – Berita Terkini


Pembentukan Satgas Fasilitas Publik Upaya Melindungi Masyarakat Saat Beraktivitas

JAKARTA – Perkembangan penanganan COVID-19 menunjukkan data kasus COVID-19 cenderung membaik di berbagai aspek epidemiologis. Hal ini diiringi turunnya level PPKM di banyak daerah. Namun bukan berarti untuk menjadi lengah dan sebaliknya harus konsisten bersikap hati-hati. 

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa mulai, 1 September 2021, akan dibentuk Satuan Tugas (Satgas) yang terdiri dari petugas, asosiasi, dan ikatan pengelola di 11 jenis fasilitas publik/institusi. Satgas akan bertugas di tempat aktivitas ekonomi dan belanja, aktivitas hiburan dan olahraga, aktivitas penyediaan akomodasi, aktivitas pelayanan kesehatan, transportasi, aktivitas kerja, aktivitas pendidikan dan sosial, aktivitas sosial, aktivitas penegakan hukum, aktivitas energi dan lingkungan, serta aktivitas keagamaan. 

“Kita mengetahui bersama bahwa dengan modal kasus yang cukup terkendali saat ini, pemerintah telah merelaksasi pengaturan di berbagai aktivitas khususnya di fasilitas publik sehingga perlu disikapi dengan penerapan protokol kesehatan ketat,” jelasnya dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Selasa (31/8/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Nantinya, Satgas di fasilitas publik ini akan menjalankan tiga fungsi utama yaitu pencegahan, pembinaan, dan pendukung. Dengan adanya satgas-satgas ini, akan memupuk rasa tanggung jawab dan mempercepat upaya transisi hidup berdampingan dengan COVID-19.

“Diharapkan gambaran mengenai apa yang harus kita perhatikan dalam menjalankan aktivitas dengan menyadari kebijakan terkini yang berlaku dapat memupuk rasa tanggung jawab kita untuk andil dalam mempercepat transisi hidup berdampingan dengan COVID-19,” pungkas Wiku.

Jakarta, 31 Agustus 2021

Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional

[ISTA/ACU/YOY]



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *